Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid tengah menyiapkan program yang akan mempermudah perizinan investasi sebagai mengatasi masalah lapangan kerja di daerah itu.

"Saya sudah mapping dan memprogramkan bahwa salah satu upaya untuk membuka lapangan pekerjaan adalah memberikan kemudahan untuk berinvestasi, nanti apa tugas Pemda? Ya, fasilitasi perizinannya," kata Maesyal di Tangerang, Sabtu.

Dia menyadari bahwa masalah lapangan kerja menjadi salah satu yang paling disoroti di daerahnya. Untuk itu, dirinya mengusulkan untuk menciptakan program unggulan yang akan mempermudah perizinan investasi.

"Begitu diberikan perizinannya kepada para investor dalam waktu dia 6 bulan sampai 1 tahun harus segera membangun, setelah itu langsung membuka lapangan kerja," ujarnya.

Baca juga: Ratu Tatu dan Amud masuk tim kampanye pemenangan Maesyal-Intan

Maesyal mengatakan, program itu nantinya mewajibkan investor untuk segera membangun baik industri seperti pabrik dalam tenggat waktu yang ditentukan.

"Setelah itu, investor tersebut wajib membuka lapangan kerja untuk menyerap masyarakat Kabupaten Tangerang," ungkapnya.

Selain itu, ia juga akan membuat Balai Latihan Kerja (BLK) yang nantinya akan menjadi tempat pelatihan keterampilan untuk masyarakat Kabupaten Tangerang yang belum mendapatkan pekerjaan.

Mantan striker Persita Tangerang era 1979-1980 itu berharap, BLK itu juga bisa memenuhi kebutuhan pekerja bagi para investor yang ingin membuka lapangan kerja.

"Kita tambah porsinya kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang akan ikut latihan keterampilan sesuai dengan pasar, atau sesuai dengan harapan, atau sesuai dengan lowongan masing-masing yang ada di industri," paparnya.

Baca juga: Dasco hingga mantan Gubernur Banten jadi tim pemenangan Maesyal-Intan

Dia juga berencana akan meningkatkan kerja sama antara pelaku industri atau perusahaan dengan pemerintah Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut, dilakukan demi mengerti juga kebutuhan perusahaan yang sudah membuka industri di Kabupaten Tangerang.

"(Peningkatan kerja sama dilakukan) supaya perusahaan akan membuka lapangan pekerjaan, hubungi kita, dan memberitahu apa yang dibutuhkan ketrampilannya,  kita juga merespon untuk memenuhi itu lewat BLK," kata dia.

Dalam hal ini, KPU Kabupaten Tangerang secara resmi telah menetapkan dan mengundi nomor urut ke tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di daerah itu.

Dari ketiga paslon itu diantaranya seperti Mad Romli - Irvansyah nomor urut 1, Moch Maesyal Rasyid - Intan Nurul Hikmah nomor urut 2, dan Zulkarnain-Lerru dari jalur independen mendapat nomor urut 3.

Sementara itu, untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu terdapat 2.369.021 pemilih yang tersebar di 4.484 tempat pemungutan suara (TPS) di 29 wilayah kecamatan dengan 274 desa/kelurahan yang ada.

Adapun jadwal dan proses tahapan Pilkada 2024, yakni 25 September 2024 hingga 23 November 2024 pelaksanaan kampanye. 27 November 2024 pelaksanaan pemungutan suara dan dilanjutkan Perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara hingga 16 Desember 2024.

Baca juga: Maesyal Rasyid dorong pengembangan permainan esport lokal
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024