Pemerintah Kota Tangerang Banten menargetkan dapat kembali mewakili Provinsi Banten dalam ajang pemilihan Kota Sehat 2024 tingkat nasional untuk keenam kalinya.

"Upaya mewujudkan Kota Sehat adalah bagian dari komitmen berkelanjutan kami, sehingga dapat mendukung visi Kota Tangerang sebagai kota yang sejahtera, berakhlakul karimah, dan berdaya saing. Insya Allah tahun ini Kota Tangerang dapat kembali mewakili Banten," kata Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin, dalam kegiatan verifikasi di Puspemkot Tangerang, Senin.

Ia mengaku optimistis jika Kota Tangerang kembali akan meraih predikat Kota Sehat pada ajang Kota Sehat tingkat Provinsi Banten 2024.

"Kota Tangerang senantiasa menjaga kesehatan lingkungan secara konsisten tanpa perlu persiapan khusus. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terus disosialisasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini menjadi bagian penting dari upaya berkelanjutan untuk memastikan kesiapan Kota Tangerang mewakili Provinsi Banten dalam kompetisi tersebut.

Baca juga: BKPSDM Kota Tangerang gandeng ahli gizi edukasi guru pola makan sehat

Lebih lanjut, Pj Wali Kota menekankan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan, karena upaya menjaga kesehatan sudah menjadi rutinitas dan prioritas utama dalam aktivitas sehari-hari pemerintah dan masyarakat.

"Kami tidak melakukan persiapan khusus, karena setiap hari kami terus sosialisasikan dan membudayakan PHBS untuk menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Semua yang kami lakukan adalah bagian dari tujuan besar menciptakan Kota Tangerang sebagai Kota Sehat," ujarnya.

Ia juga menyampaikan ada beberapa indikator yang akan dinilai, mencakup berbagai aspek dalam mewujudkan Kota Sehat.

Baca juga: Budayakan hidup sehat, Dinkes Tangerang bentuk Inspektur Pangan Cilik

"Indikator Kota Sehat mencakup bagaimana kita bisa menciptakan lingkungan sekolah, tempat wisata, lingkungan umum, dan pasar yang sehat. Semua ini adalah upaya yang harus kita wujudkan bersama," tambahnya.

Dengan adanya proses verifikasi ini, ia berharap semakin banyak manfaat yang dapat dirasakan masyarakat Kota Tangerang dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan layak huni.

"Verifikasi ini adalah bagian dari upaya memastikan bahwa kami berada di jalur yang benar menuju kota yang ramah, sehat, dan memiliki ekosistem pendukung bagi kehidupan berkualitas," katanya.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang luncurkan gerakan Anak Tangerang Sehat dan Cerdas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024