Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, Banten menargetkan partisipasi pemilih sebesar 75 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1.1.057.325 jiwa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Lebak 2024.
 
"Kami minta masyarakat menyukseskan Pilkada dengan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin lima tahun ke depan," kata Ketua KPU Kabupaten Lebak, Dewi Hartini saat dikonfirmasi di Rangkasbitung, Lebak, Jumat.
 
KPU Lebak mengoptimalkan sosialisasi ke berbagai kalangan, termasuk masyarakat Badui untuk mencapai target partisipasi tersebut.

Baca juga: Pemkab Lebak terus sosialisasikan Pilkada damai
 
Pilkada sebagai wahana pesta demokrasi yang menentukan pasangan calon (paslon) kepala daerah yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat lima tahun ke depan.
 
Karena itu, masyarakat sebagai peserta pemilih memiliki kewajiban untuk mencoblos pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak serentak 27 November 2024.
 
"Kami berharap masyarakat menggunakan hak politiknya dan tidak ada golput serta," kata Dewi menambahkan.
 
Menurut dia, pada Pilkada 20224 masyarakat Lebak bisa menyalurkan hak pilihnya pada 2.062 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 345 desa/kelurahan dari 28 kecamatan.

Baca juga: KPU Lebak tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 1.057.325 jiwa

Ada tiga pasangan calon yakni nomor urut 1 Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya-Amir Hamzah yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Partai Demokrat dan Partai Perindo dengan menggunakan jumlah perolehan suara sah DPRD pada Pemilu 2024 sebanyak 480.633 suara.

Nomor urut 2 ada Dede Supriyadi-Virnie Syafitri yang diusung Partai NasDem dengan menggunakan jumlah perolehan suara sah DPRD pada Pemilu 2024 sebanyak 98.228 suara.
 
Sedangkan, pasangan nomor urut 3 adalah Sanuji Pentamarta-Dita Fajar Bayhaqi yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra ) Partai Garda Republik Indonesia dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jumlah perolehan suara sah DPRD pada Pemilu 2024 sebanyak 202.098 suara.
 
Baca juga: KPU Lebak gelar deklarasi pilkada damai

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024