Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten menargetkan tidak ada lagi kelahiran kasus baru stunting atau "zero new stunting" untuk mempersiapkan generasi emas 2045.
 
"Kita berharap semua elemen juga pemangku jabatan berjalan baik untuk penanganan stunting," kata Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Lebak Paryono di Rangkasbitung, Lebak, Kamis.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak berkomitmen untuk menjalankan "zero new stunting" agar anak-anak bangsa tumbuh sehat dan cerdas guna mempersiapkan generasi emas 2045.
 
Penanganan stunting itu, kata dia, dengan dua strategi, yakni pertama dilakukan kuratif dan kedua preventif.

Baca juga: Dana insentif Banten 2024 Rp19,6 M diperluas untuk penanganan stunting
 
Untuk penanganan kuratif, di antaranya melakukan intervensi dalam 1.000 (hari pertama kelahiran) mulai dari kehamilan 275 hari sampai dengan 730 hari kelahiran.
 
Selanjutnya, balita di atas dua tahun diwajibkan mendapat pelayanan posyandu agar terpantau tumbuh kembang kondisi balita.
 
Balita dilakukan pemantauan sesuai dengan usia, termasuk berat badan dan tinggi badan, juga pemberian makanan tambahan.
 
"Kita penanganan stunting dari 1.000 hari pertama kehidupan dan di atas dua tahun juga dilakukan dengan mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.
 
Menurut dia, strategi penanganan stunting kedua dilakukan intervensi dari hulu mulai remaja khususnya pelajar sekolah dengan pemberian tablet tambah darah (TTD).
 
Mereka yang kalangan remaja yang hendak menikah wajib terdaftar pada aplikasi elsimil BKKBN, sehingga mendapatkan pembekalan dan edukasi bagaimana nantinya menikah hingga reproduksi aman.
 
Baca juga: Pemkab Tangerang genjot turunkan angka kematian ibu dan bayi
Selain itu, selama kehamilan wajib diperiksakan kesehatan ke tenaga medis, seperti dokter, bidan, dan perawat di puskesmas setempat serta jika mereka mengalami kekurangan energi kronik (KEK) dipastikan mendapatkan TTD agar melahirkan bayi tidak stunting.
 
Begitu juga bagi pasangan usia subur (PUS) agar menjadi peserta KB guna membatasi jarak kelahiran anak serta masyarakat dengan tidak menikahkan putra-putri mereka pada usia anak.
 
"Kami yakin jika dua strategi penanganan itu berjalan dipastikan Lebak terbebas anak stunting," kata Paryono.
 
Ia mengapresiasi selama ini pencegahan stunting dilaksanakan secara terintegrasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dengan dikoordinir oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Kementerian Agama (Kemenag), Dinas Pendidikan (Disdik), dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).
 
"Semua instansi itu di dalamnya terkait untuk penanganannya secara spesifik dan sensitif," katanya.
 
Berdasarkan hasil penimbangan serta pengukuran tubuh dan lengan pada Juni 2024, di Kabupaten Lebak jumlah balita stunting tercatat 4.452 orang dari total 109.498 balita.

Baca juga: Pemkab Lebak siapkan Generasi Emas 2045 dengan cegah stunting

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024