Lebak (Antara News Banten) - Penjabat Bupati Lebak Ino S Rawita mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami yakin akses jalan tentu cukup besar menyumbangkan pertumbuhan ekonomi," kata Ino S Rawita saat pembukaan TMMD di Lebak, Rabu.

Selama ini, program TMDD yang dilaksanakan TNI mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Sebab, pembangunan program TMMD membuka jalan yang menghubungkan antardesa di pedalaman Kabupaten Lebak.

Sebelumnya, biaya angkutan untuk memasarkan produk pertanian cukup tinggi karena menggunakan tenaga manusia.

Namun, pembangunan jalan yang dilaksanakan TMMD bisa dilintasi angkutan sehingga biaya angkutan menjadi murah.

Selain itu juga akses pertumbuhan ekonomi antardesa cenderung meningkat.

"Kami berharap pembukaan jalan antardesa yang dibangun TMMD di Kecamatan Gunungkencana berjalan lancar dan rampung sesuai target tahun 2018," katanya.

Menurut dia, pembangunan jalan yang dikerjakan TMMD patut diapresiasi karena membuka desa-desa terisolir diantaranya Kecamatan Sobang, Muncang, Cimarga, Bayah, Cilograng, Cirinten dan Gunungkencana.

Dimana saat ini Kabupaten Lebak masih menyandang daerah tertinggal sehingga diharapkan keterlibatan TNI, Polri dan Perangkat Daerah serta lapisan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Selama ini, kegiatan TMMD dilakukan penuh kebersamaan dan gotong royong untuk memantu percepatan pembangunan daerah.

"Kami optimistis program TMMD dapat memberdayakan potensi wilayah bertujuan kegidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya menjelaskan.

Ino mengatakan, program TMMD terbagi dua sasaran antara lain sasaran fisik seperti pembangunan infrastuktur fisik dan sarana fasilitas umum untuk kebutuhan masyarakat.

Sedangkan,kedua sasaran non fisik diantaranya memberikan penyuluhan tentang kesehatan, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), hukum, pertanian, bahaya narkoba, bela negara dan wawasan kebangsaan.

Program TMMD juga dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat untuk membangun wilayahnya agar masyarakat menjadi mandiri dan sejahtera.

"Saya kira TMMD banyak memberikan pelajaran berharga bagi kita semua bahwa pentingnya semangat gotong royong membangun bangsa melalui sumbangan pikiran, ide dan gagasan serta memberikan sumbangan tenaga dan keterampilan serta materi," kata penjabat bupati.

Penjabat Bupati TMMD ke 101 tahun 2018 dengan membuka jalan sepanjang 5 Km yang menghubungkan desa Cimanyangray Kecamatan Gunungkencana sampai ke desa Parakan Lima Kecamatan Cirinten.

Baca juga: TNI Manunggal KB Diharapkan Tekan Angka Kelahiran

 

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018