Masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten mengakui merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Kami wajib merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang telah mengorbankan jiwa para pahlawan untuk negara ini," kata Sekretaris Pemerintah Desa Kanekes Kabupaten Lebak Medi saat dihubungi di Rangkasbitung, Lebak, Sabtu.
 
Masyarakat Badui menggelar perayaan Hari Kemerdekaan menjadi dua bagian yang pertama di Kantor Kecamatan Leuwidamar dan kedua di Ciboleger.
 
Pada perayaan peringatan HUT ke-79 RI masyarakat Badui juga berbaur dengan masyarakat luar kawasan Badui.
 
"Kita sebagai bangsa yang memiliki perbedaan keberagaman tentu harus bersatu dan hidup rukun dan damai," kata Medi menambahkan.

Baca juga: Pelaku wisata gelar karnaval bentangkan bendera 500 meter di Bendungan Karian
 
Menurut dia, perayaan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia cukup meriah dengan menggelar aneka permainan mulai lomba makan kerupuk hingga panjat pinang.
 
"Kami merayakan kemerdekaan bersama masyarakat luar kawasan Badui," katanya.

Lebih lanjut Medi menjelaskan, selama kegiatan berlangsung masyarakat Badui sementara menghentikan kegiatan berladangnya. Apalagi peringatan kemerdekaan wajib untuk dilakukan.
 
"Kami hari ini merasa bersyukur bahwa Indonesia mengalami kemajuan juga aman dan damai," pungkas Medi.
 
Baca juga: Kain tenun asal Badui tembus pasar mancanegara

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024