Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyebut bahwa semangat juang pahlawan untuk meraih kemerdekaan bangsa merupakan modal awal pembangunan yang dilakukan saat ini, khususnya pada pemerintah provinsi.
 
Al Muktabar mengatakan pembangunan adalah hal yang sangat dinamis, sehingga langkah-langkah penyesuaian terhadap kondisi yang dihadapi memerlukan kesiapan yang sungguh-sungguh.
 
“Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, dibingkai tema 'Nusantara Baru Indonesia Maju'. Hal ini mengandung makna ada bentangan yang lebih besar ke depan yang harus kita upayakan bersama pencapaiannya,” kata Muktabar saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di KP3B, Serang, Sabtu.

Baca juga: Brimob Banten peringati detik-detik proklamasi di titik persimpangan
 
Al Muktabar mengatakan langkah-langkah pembangunan harus tersusun dalam satu skema baik di tingkat perencanaannya, pelaksanaannya, dan pertanggungjawabannya.
 
Ia menjelaskan Pemprov Banten bersama delapan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka pencapaian kesejahteraan masyarakat, berkonsentrasi untuk menurunkan angka kemiskinan, angka stunting, gizi buruk, dan mengupayakan terus lapangan kerja melalui kemudahan investasi. 
 
Selain itu, mengikhtiarkan segala potensi yang ada di Provinsi Banten untuk dieksplorasi dan dimanfaatkan bagi segenap kemanfaatan untuk masyarakat. 
 
“Kita juga terus mengikhtiarkan instrumen-instrumen dasar perekonomian kita. Alhamdulillah banyak hal yang telah kita capai. Sekali lagi, masih banyak juga ikhtiar-ikhtiar ke depan yang harus kita lakukan untuk mempercepat upaya pencapaian kesejahteraan masyarakat. Itu juga yang menjadi cita-cita para pejuang penggagas Provinsi Banten,” ujar Al Muktabar.

Baca juga: Bupati Tangerang maknai HUT RI semangat baru menuju Indonesia Emas
 
Ia mengatakan ke depan dunia dihadapkan dengan ketidakpastian. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selalu berpesan untuk mempersiapkan sumber daya manusia agar dalam ketidakpastian itu ada peluang.
 
“Generasi muda harus kita siapkan kemampuannya, harus sehat dan memiliki sumber daya manusia yang harus kuat dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, dunia pendidikan harus kita kuatkan dan tingkatkan terus. Pemerintah harus hadir di sana,” ujar Al Muktabar. 
 
Al Muktabar juga berpesan kepada para generasi muda untuk mewarisi semangat nilai juang para pahlawan.

Baca juga: Kemeriahan peringatan HUT ke-79 RI di seputaran Kota Serang, kini di TMI

Menurutnya, dengan mewarisi semangat juang para pahlawan sudah lebih dari cukup dalam menghadapi tantangan ke depan. 
 
Al Muktabar bertugas memimpin upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Inf Eko Asmani, pembawa baki Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih Anisya Balqis Arundaya, pengibar bendera M Arvin Makarim, Gerardo Martus Ganda Sitorus, serta Daffa Abimanyu Gustanto.
 
Pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, pembacaan teks Pancasila oleh Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto, serta pembacaan teks Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Siswanto.

Baca juga: Warga Kasemen Serang gelar drama kolosal masa perjuangan kemerdekaanBaca juga: Warga Tangerang antusias rayakan keragaman perlombaan HUT ke-79 RI

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024