Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang, Banten, menerbitkan sebanyak 152 Nomor Induk Berusaha (NIB) baru para pelaku usaha maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) selama tujuh hari program kemerdekaan HUT Ke-79 RI.

"Semua NIB yang diterbitkan oleh DPMPTSP Kota Tangerang tidak dikenakan biaya, karena untuk memberikan dukungan usaha kepada UMKM," kata Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Sugihharto Achmad Bagdja dalam keterangannya, di Tangerang, Sabtu.

DPMPTSP Kota Tangerang membuka layanan pendaftaran Nomor Izin Berusaha (NIB) gratis sehari jadi di 13 kecamatan secara berkala pada 7-10 Agustus dan 12-14 Agustus 2024.

Baca juga: DPMPTSP Kota Tangerang gelar pembuatan NIB gratis bagi pelaku usaha

Sugihharto menjelaskan, sejak  Agustus 2021 hingga Agustus 2024, DPMPTSP Kota Tangerang telah menerbitkan sebanyak 71.196 NIB.

Kemudian di momen HUT Kemerdekaan RI ini pun kami manfaatkan untuk mensosialisasikan dan memfasilitasi para pelaku usaha untuk paham dan membuat NIB secara cepat dan gratis, katanya lagi.

Selain itu, layanan NIB gratis secara offline ini juga sering digelar di event-event besar Pemkot Tangerang, seperti festival dan lainnya.

Layanan ini memudahkan para pelaku usaha untuk mengurus NIB secara gratis dan sehari jadi, juga dapat dimanfaatkan melalui proses online, yaitu pada laman https://www.oss.go.id.

"Dengan kepemilikan NIB bisa menjadikan UMKM keren jasa. Sederet manfaatnya ialah mempermudah akses Kredit Usaha Rakyat (KUR), mempermudah akses pelatihan, memperoleh legalitas usaha, tepat sasaran dalam memperoleh program pemerintah," ujarnya pula.

Baca juga: 58.692 UMKM di Kota Tangerang telah miliki Nomor Induk Berusaha

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024