Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengajak masyarakat agar membudayakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah berbagai penyakit.
 
"Kami yakin PHBS itu bisa meningkatkan derajat kesehatan dan usia harapan hidup (UHH) masyarakat," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Rangkasbitung, Lebak, Jumat.
 
Dinkes Kabupaten Lebak terus mengoptimalkan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat agar membudayakan PHBS.

Baca juga: Persediaan pupuk bersubsidi di Lebak cukup untuk musim tanam 2024
 
Menurut dia, manfaat PHBS luar biasa dan terbukti dapat mencegah berbagai penyakit seperti tuberkulosis (TBC), infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), demam berdarah dengue (DBD), dan diare dengan melakukan kebersihan lingkungan serta tidak buang air besar (BAB) sembarangan.
 
Selain itu, masyarakat juga harus melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk membunuh jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti sehingga dapat memutus mata rantai penularan kasus DBD.
 
Ia menambahkan, untuk pencegahan penyakit tidak menular, seperti diabetes melitus, hipertensi, dan jantung, masyarakat harus menerapkan PHBS dengan tidak merokok, mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak, serta olahraga secara teratur.
 
"Kami minta warga jangan sampai terkena penyakit diabetes, jantung, dan hipertensi. Penyakit tersebut dapat membebani ekonomi keluarga, karena biaya pengobatan cukup tinggi dan membutuhkan terapi seumur hidup," katanya menjelaskan.

Baca juga: Genjot perekonomian, Pemkab Lebak optimalkan pembangunan jalan

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024