Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Tangerang, Banten membuka layanan publik di arena Festival Al Azhom, seperti pembuatan nomor induk berusaha (NIB) secara gratis, perekaman KTP-el, dan bazar sembako murah.

Ketua Panitia Festival Al-A'zhom Kota Tangerang Agus Subarkah di Tangerang, Selasa, mengatakan kolaborasi ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang datang melakukan wisata religi ke Festival Al Azhom.

"Jadi, sekalian wisata religi, masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai layanan publik mulai dari bidang ekonomi, pangan, hingga kesehatan," katanya.

Baca juga: Dispora Kota Tangerang bersama BKPRMI gelar Festival Al-A'zhom

Berdasarkan data, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang menyediakan layanan pembuatan NIB gratis, konsultasi perizinan, klinik laporan kegiatan penanaman modal (LKPM), dan konsultasi perizinan bangun gedung (PBG).

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang dengan layanan, antara lain perekaman KTP-el, kartu identitas anak (KIA), dan kartu keluarga (KK), sedangkan Dinas Ketahanan Pangan menghadirkan, antara lain produk-produk hasil panen kelompok wanita tani (KWT) dan layanan sembako murah.

Dinkes Kota Tangerang membuka cek kesehatan dan konsultasi gratis, Diskominfo Kota Tangerang menghadirkan layanan informasi dari seluruh media yang dimiliki.

“Selain itu, ada juga stan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kota Tangerang yang akan menghadirkan konsultasi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan), pembayaran PBB-P2 (Perdesaan dan Perkotaan) dan lainnya,” katanya.

Baca juga: ASN Tangerang diajak jadi "Bapak Asuh" intervensi pencegahan stunting

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) menggelar Festival Al-A’zhom selama 6-17 Juli 2024 yang diisi berbagai lomba hingga Virtual Reality 5D menampilkan kisah nabi dan rasul.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan Festival Al-A'zhom ke-11 salah satu festival sekaligus destinasi wisata religi paling meriah.

"Festival Al-A'zhom kembali hadir memberikan suasana hati yang riang gembira bagi masyarakat Kota Tangerang khususnya dan masyarakat Muslim pada umumnya melalui suguhan-suguhan yang bernuansa Islam serta penampilan seni dan budaya yang bernapaskan keislaman," katanya.

Ketua BKPRMI Kota Tangerang Ahmad Rofiki mengatakan Festival Al-A’zhom ke-11 dengan tema "Manjadda Wajjada" juga akan menyajikan kegiatan jalan sehat sarungan batik, tabuh bedug, tabligh akbar, lebaran anak yatim, pramuka cinta masjid serta puluhan stan kuliner halal Nusantara dan kuliner khas Timur Tengah.

Baca juga: Mantan caleg DPRD Kota Tangerang positif konsumsi tiga jenis narkoba

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024