Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang Banten menggelar pelatihan prosedur ekspor bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi di Tangerang Selasa mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu program pengembangan ekspor dalam mewujudkan peningkatan produk ekspor Kota Tangerang.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 2 - 4 Juli 2024 di Laboratorium BKPSDM Gedung Cisadane, Kota Tangerang.

Disperindagkop-UKM berharap para pelaku usaha di Kota Tangerang dapat memahami memulai ekspor agar produknya bisa memiliki pangsa pasar yang lebih luas atau pasar internasional.

Baca juga: Pembuatan surat rekomendasi UMKM di Kota Tangerang gratis

Pelatihan prosedur ekspor diisi dengan berbagai materi seperti mengenal bisnis ekspor, identifikasi potensi pasar ekspor, analisis SWOT, pengembangan produk ekspor, serta tahapan lainnya dalam memulai ekspor.

Pelatihan prosedur ekspor ini diikuti 30 peserta yang sudah memiliki usaha/produk dan masyarakat yg ingin mengetahui bagaimana memulai ekspor.

"Rencananya pelatihan akan dibagi dua sesi yakni sesi kedua di bulan Agustus 2024 mendatang," katanya.

Ia juga menargetkan dengan pelatihan prosedur ekspor ini para pelaku IKM/UMKM Kota Tangerang dapat mengenali target dengan mengetahui negara sasaran ekspor, target pembeli, dan cara menjangkau pembeli.

"Sehingga dapat berkompetisi di pasar nasional dan internasional sehingga dapat melahirkan UMKM Kota Tangerang yang semakin berkembang, maju dan berdaya saing khususnya pangsa pasar global,” katanya.

Baca juga: 449 rumah tak layak huni di Kota Tangerang dibedah

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024