Kota Tangerang masuk dalam lima besar bersama Bandung, Bekasi, Semarang dan Surabaya sebagai daerah yang diincar investor asing berdasarkan data yang dirilis Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono di Tangerang Senin mengatakan Kota Tangerang berhasil merealisasikan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar USD 474 juta atau sekitar Rp7,7 triliun sepanjang 2023.

Capaian ini tidak terlepas dari kolaborasi antara semua lapisan yang telah bersama-sama menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing.

"Tidak hanya itu, investasi di Kota Tangerang juga telah merambah ke banyak sektor strategis, mulai dari industri, perdagangan, properti dan semua jasa yang berkontribusi penting untuk pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang," kata Ruta.

Baca juga: Pj Wali Kota Tangerang instruksikan jajaran percepat serapan anggaran

Ia melanjutkan, Kota Tangerang juga semakin menunjukkan capaian tren positif terkait realisasi investasi pada triwulan pertama tahun 2024.

Realisasi investasi di Kota Tangerang triwulan pertama tercatat sebesar Rp4,7 triliun atau 32,87 persen dari target Rp14,36 triliun yang dicanangkan tahun 2024.

“Capaian itu menunjukkan Kota Tangerang masih memiliki daya tarik yang luar biasa bagi banyak investor. Bahkan, khusus investor asing, jumlahnya hampir mencapai 50 persen dari total realisasi investasi pada tahun kemarin,” kata dia.

Selain itu, Kota Tangerang juga mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi modal alternatif untuk mendorong kemajuan dunia usaha, investasi, dan perekonomian di Kota Tangerang.

"Kota Tangerang saat ini mempunyai 65.581 Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah tercatat di Online Single Submission (OSS) per bulan Juni 2024," pungkas Ruta Ireng Wicaksono.

Baca juga: Kontingen Peparpeda Kota Tangerang dilindungi BPJamsostek

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024