Seluruh anggota kontingen Kota Tangerang yang terlibat dalam ajang olahraga bagi pelajar disabilitas atau Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) VIII Banten mendapatkan perlindungan dari BPJamsostek.

"Seluruh kontingen Kota Tangerang mendapatkan perlindungan BPJamsostek. Pastinya ini juga merupakan komitmen Pemkot Tangerang dalam melindungi para atlet," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang pada acara pelepasan kontingen yang akan bertanding di Peparpeda Banten di Puspemkot Tangerang, Senin.

Dispora Kota Tangerang melibatkan 70 orang dengan rincian 30 atlet, delapan pelatih, 10 asisten pelatih, satu manager dan 21 ofisial dalam ajang olahraga bagi pelajar disabilitas tersebut.

Baca juga: Pemkot Tangerang-Universitas Yuppentek perpanjang kerja sama

Kaonang optimistis kontingen Kota Tangerang dapat meraih juara umum Peparpeda VIII Banten. Dia menargetkan Kota Tangerang meraih setidaknya 20 medali emas, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 15 medali emas.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol Zain Setyadi mengatakan pihaknya terus berkomitmen memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya bagi pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah (BPU).

"Dalam kesempatan ini fokus diberikan kepada atlet dan ofisial Peparpeda Kota Tangerang dari berbagai kategori permainan yang akan bertanding," kata Zain

Ia menambahkan, sesuai Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan Pasal 100, olahragawan dan pelaku olahraga diberikan perlindungan sesuai Sistem Jaminan Sosial Nasional, termasuk dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Peparpeda VIII Banten berlangsung di Kota Tangerang pada 2 – 5 Juli 2024. Seremoni pembukaan digelar 2 Juli 2024 di Gedung Tangerang Convention Center (TCC) Cimone.

Baca juga: Pemkot Tangerang bangun 20 jembatan pada semester pertama 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024