Penjabat Wali Kota Tangerang  Banten, Nurdin menginstruksikan jajarannya untuk mempercepat penyerapan anggaran APBD yang karena sudah memasuki triwulan ketiga  2024.

"Percepatan pembangunan dalam hal ini bukan hanya dalam hal administrasi saja, namun menyasar berbagai aspek agar pembangunan yang telah direncanakan dapat rampung di akhir tahun 2024," kata Pj Wali Kota Nurdin di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin.

Ia menekankan kepada kepala organisasi  perangkat daerah untuk memerhatikan program dan rancangannya sehingga yang menjadi target dan belum selesai bisa segera diimplementasikan.

Ia menambahkan, setiap perangkat daerah harus rutin melakukan monitoring terhadap berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan, mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan selesai dilakukan.

Baca juga: Pemkot Tangerang siapkan rumah sakit rujukan untuk anak stunting

"Bagi yang belum mengimplementasikan programnya, agar memberikan perhatian serius bagi pelaksanaan program-program tersebut," ujarnya.

Pj Wali Kota Nurdin juga mengatakan program-program hasil dari pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang diharapkan   dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Fokus dan kita selesaikan dengan sebaik-baiknya agar hasil pembangunannya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Rancangan APBD 2024 sesuai perda yang disahkan DPRD terdiri dari pendapatan daerah sebesar Rp4,87 triliun yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp 2,37 triliun dan pendapatan transfer sebesar Rp2,49 triliun.

Rencana belanja daerah APBD  2024 disepakati sebesar Rp5,38 triliun lebih besar bila dibandingkan dengan rencana awal sebesar Rp5,25 triliun. Sementara defisit Rp510 miliar ditutup dari APBD 2023.

Baca juga: Pemkot Tangerang minta warga laporkan pembaruan data bangunan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024