Tangerang (Antara News) - Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tangerang, Banten membuat Program SiSeksi (Sistem Monitoring Semua Siklus Kehidupan) dan SiBugar (Sistem Pelayanan Kesehatan Komperehensif Buat Warga Kota Tangerang) untuk mewujudkan kota sehat dan masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Henny Herlina di Tangerang, Selasa, menjelaskan, SiSeksi adalah program monitoring yang dilakukan dari masa konsesi pada ibu hamil pada triwulan pertama, seribu hari pertama kehamilan (HPK) hingga lansia.

"Proses monitoring yang dilakukan adalah dengan cara menggunakan layanan Cageur Jasa. Termasuk saat datang ke puskesmas makanya kita siapkan buku yang menjadi pegangan hingga lansia nanti. Tujuannya adalah agar dokter bisa mengetahui rekam medisnya," katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tangerang, Televisianingsih menambahkan untuk SiBugar adalah informasi layanan kesehatan yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan dan perlu diketahui oleh warga dalam menunjang kebutuhannya.

Misalnya layanan mobil ambulans gratis, Aplikasi Simpati RS, Sisrute, Puskesmas UGD 24 Jam dan Persalinan, Ambulance Smart 119 hingga pengaduan Laksa.

"Jadi, kita ingin agar warga tahu layanan yang dibutuhkan ketika gawat darurat. Makanya kita sosialisasi dengan nama Si Bugar," tambah Televisianingsih.

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara paripurna.

Mulai dari promosi kesehatan, pencegahan penyakit, peningkatan sarana kesehatan hingga pelayanan yang terjangkau dan gratis.

Sebagai kado dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan Kota Tangerang sebelumnya telah meluncurkan Center Of Elaboration (Cereb) Room yang merupakan ruangan pusat kendali dan monitoring bidang kesehatan,

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi menjelaskan, Cereb Room mengambil ide dari Cerebrum yang artinya otak besar pada tubuh manusia dan memiliki fungsi sangat vital dan mengirim informasi ke berbagai bagian tubuh

Ada beberapa layanan yang dilakukan pemantauan seperti layanan di puskesmas, petugas kesehatan lapangan, mobil ambulance dan smart ambulance 119 hingga pemetaan penyakit di setiap wilayah. Di Cereb Room pun terdapat petugas 24 jam yang siap melayani pelayanan seperti Sijariemas, Ambulans Smart 119 dan Sisrute.

Diharapkan dengan adanya Cereb Room maka akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Tangerang dalam rangka mewujudkan Kota Sehat. "Fungsinya hampir sama seperti Tangerang LIVE Room namun pelaksanaanya lebih fokus pada urusan kesehatan," ujarnya

Pewarta: Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017