Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan terdapat peningkatan sekitar 22.382 pemilih pemula dari daftar pemilih tetap (DPT) pada Pileg 2024 lalu.

"Terdapat peningkatan sekitar 22 ribu lebih pemilih dan setengah jumlah pemilih pemula di Kota Tangerang adalah Gen Z dan Milenial," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin pada acara sosialisasi Pilkada 2024 bagi pemilih pemula di Tangerang Convention Center (TCC), Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan data KPU Kota Tangerang untuk DPT sesuai Pileg 2024 lalu ada sebanyak 1.362.773. Sementara dari Data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) meningkat menjadi 1.385.155.

Kemudian setelah dilakukan pendataan, terdapat sekitar 339.829 orang kategori generasi Z dan 512.571 generasi Milenial. Maka itu perlu dilakukan sosialisasi kepada pemilih pemula dalam mensukseskan Pilkada 2024.

"Sosialisasi ini sangat penting bagi generasi muda, untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai proses pemilihan serta pentingnya partisipasi aktif dalam Pilkada 2024," ujarnya.

Baca juga: KPK ajak masyarakat tolak pemberian uang di Pilkada 2024

Ia juga mengajak kepada pelajar agar membantu menyosialisasikan kepada teman-temannya yang sudah memiliki hak pilih untuk ikut partisipasi dalam Pilkada 2024.

Ia juga menekankan terkait netralitas ASN dalam Pilkada 2024. Hal tersebut diatur dalam manajemen ASN. Jika hal itu terjadi maka akan ada sanksinya. "Tetapi harus ada bukti-bukti yang kuat untuk kami berikan sanksi," katanya.

Sementara itu Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tangerang Teguh Supriyanto menjelaskan tujuan kegiatan ini agar terbentuknya kesadaran para generasi muda akan pentingnya konstitusi politik.

"Diharapkan partisipasi politik masyarakat Kota Tangerang khususnya para pemilih pemula meningkat, dan mereka diharapkan dapat berperan aktif mengeluarkan aspirasi dan pendapatnya melalui wadah Pilkada, untuk masa depan Kota Tangerang yang lebih baik," katanya.

Baca juga: KPU segera publikasikan Rancangan PKPU pencalonan Pilkada 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024