Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meluncurkan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Banten Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) di Gelanggang Olahraga (GOR) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Kota Serang, Jumat.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di Serang, Jumat, mengatakan pelatda ini ditujukan agar atlet mampu mempersiapkan pertandingan dengan sebaik-baiknya karena para atlet merupakan salah satu representasi dari Provinsi Banten di pesta olahraga tersebut.
 
"Saya titipkan agenda ini membawa nama baik Provinsi Banten di dunia olahraga," katanya.

Pemprov Banten hadir untuk memberikan fasilitas dalam menyiapkan ruang untuk terus meningkatkan prestasi pada bidang olahraga khususnya di Provinsi Banten.
 
"Olahraga merupakan satu hal yang memiliki kaitan erat dengan industri dan ini juga memiliki nilai potensi dari aspek ekonomi dan sosial," katanya.

Baca juga: Menpora tegaskan PON 2024 tetap di Aceh-Sumut
 
KONI Provinsi Banten diharapkan mampu mempersiapkan pelatda ini dengan semaksimal mungkin. Mulai dari sarana dan prasarana para atlet selama berlatih, sehingga mampu mencapai prestasi yang terbaik.
 
"Pada saat saya menyerahkan pataka kepada para atlet, saya sampaikan hal itu menjadi simbol semangat dan perjuangan kita untuk membawa harum nama Provinsi Banten," imbuhnya.
 
Al juga meminta para atlet untuk tetap menjaga kesehatan dan semangat sportivitas untuk mencapai cita-cita bersama.

Baca juga: Sandiaga minta pemprov manfaatkan PON tingkatkan aktivitas wisata dan UMKM
 
Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Banten Edi Ariadi mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan moral kepada para atlet yang akan berlaga pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara sehingga menjadi semangat atlet untuk memberikan performa terbaik nantinya.
 
"Latihan yang keras dan disiplin menjadi investasi tertinggi di bidang olahraga, diharapkan para atlet tidak mudah menyerah," katanya.
 
Pelatda Provinsi Banten PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara berlangsung selama empat bulan meliputi monitoring, tes fisik, pelatihan kecaboran, dan karakter para atlet.
 
Pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Kontingen Provinsi Banten mengikuti 57 cabang olahraga dan 270 nomor yang dipertandingkan.

Dari 57 cabang olahraga yang diikuti nanti ada komposisi atlet yang akan menjadi kontingen terdiri dari tiga kategori prioritas, prioritas pertama sebanyak 35 atlet, prioritas kedua sebanyak 130 atlet, dan prioritas ketiga sebanyak 211 atlet, sehingga total 376 atlet.

Baca juga: Banten melenggang, tim bola DKI Jakarta gagal ke PON 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024