Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten mendistribusikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa pompa air dan traktor roda dua kepada kelompok tani di daerah itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Kamis mengatakan bahwa bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi petani khususnya pada areal tanam padi sawah.

"Dengan bantuan ini, diharapkan para petani dapat lebih mudah dalam mengolah lahan sawah mereka, sehingga dapat meningkatkan hasil panen padi," ucapnya.

Baca juga: Sekda Tangerang lepas 385 calon haji Embarkasi Pondok Gede

Ia mengungkapkan, bantuan alat mesin pertanian ini berupa 10 unit traktor roda dua, 28 unit lerpompaan/IRPom dengan rincian pompa air 3 Inch 21 Unit, Pompa air 4 inch 4 Unit, Pompa air 6 inch 7 Unit dan Pompa air 3 inch 28 unit dalam bentuk brigade. Peralatan tersebut bersumber dari APBN tahun 2024.

"Bantuan alsintan merupakan upaya pemerintah untuk membantu petani dalam meningkatkan produktivitas padi sawah," katanya.

Ia pun berpesan kepada para petani agar dapat memanfaatkan bantuan alsintan ini sebaik-baiknya.

"Saya harap para petani dapat merawat dan menggunakan alsintan ini dengan baik, sehingga dapat bermanfaat dalam jangka panjang," ujarnya.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisna, menjelaskan, bantuan alsintan diberikan kepada kelompok tani yang ada di 13 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Diantaranya yakni Kecamatan Kronjo, Cisoka, Solear, Mekarbaru, Gunungkaler, Sindangjaya, Mauk, Cikupa, Rajeg, Jayanti, Sukamulya, Pakuhaji dan Sukadiri.

"Bantuan tersebut kami serahkan kepada para kelompok tani, terkecuali Pompa air 3 inch 28 unit dalam bentuk brigade. Pompa tersebut akan dikelola oleh DPKP yang dimana nanti jika dibutuhkan kami akan pinjamkan kepada para petani jika sewaktu waktu mereka membutuhkan," kata dia.

Baca juga: PDAM Tirta Benteng imbau masyarakat cek tagihan secara online

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024