Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan uji publik untuk memfungsikan kembali pasar terbengkalai, di antaranya Pasar Walantaka, Kota Serang, Banten.
 
Kepala Dinkopukmperindag Kota Serang Wahyu Nurjamil, di Serang, Jumat, mengatakan pihaknya akan melakukan uji publik atau mendengarkan keinginan dari masyarakat sebelum mengambil langkah revitalisasi atau mengubah fungsi bangunan tersebut.
 
"Uji publik tahun 2025 mendengarkan keinginan masyarakat. Revitalisasinya itu mungkin tahun 2026," katanya pula.

Baca juga: Golkar Kota Serang masih lakukan penjajakan arah politik dalam pilkada
 
Saat ini pihaknya tengah berfokus melakukan revitalisasi pasar yang berada di pusat Kota Serang seperti Pasar Lama dan Pasar Kepandean. Setelah selesai, maka akan melakukan revitalisasi pasar-pasar lainnya. Hal itu karena keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkot Serang.
 
"Makanya kami membuka untuk masyarakat yuk kita mau seperti apa nih. Artinya kita berkolaborasi," ujarnya lagi.
 
Pasar Walantaka yang dibangun pada tahun 2017 di Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang tersebut telah ditinggalkan oleh pada pedagang sejak 2018.

Baca juga: Kadis DinkopUKMPerindag Wahyu Nurjamil daftar calon Wali Kota Serang
 
Warga sekitar, Samsudin mengatakan kondisi pasar sudah bertahun-tahun lamanya terbengkalai dengan kios-kios tersebut sudah ditinggalkan sejak tahun 2018.
 
Para pedagang meninggalkan pasar karena sepinya pembeli, sehingga para pedagang terpaksa harus berpindah dari pasar tersebut ke tempat yang lain.
 
"Sepi pembelinya jadi pedagang juga pada pindah, kalau warga sih maunya pasar tersebut bisa difungsikan kembali sayang juga bangunannya," katanya pula.
 
Dilansir dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pembangunan pasar rakyat tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 sebesar Rp2,2 miliar, proyek tersebut di bawah pengawasan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkopukmperindag) Kota Serang.

Baca juga: Balawista Banten tingkatkan kompetensi SDM relawan

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024