Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Banten menanam pohon di sepanjang bahu jalan irigasi kali Sipon usai pembersihan lapak pedagang kaki lima (PKL) oleh petugas gabungan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Rabu, menuturkan penanaman pohon adalah sebagai upaya bentuk penghijauan di sepanjang Jalan Irigasi Sipon.

Sebanyak 150 pohon pucuk merah dan 100 pohon poui merah muda (tabebuia rosea) ditanami hari ini oleh petugas bidang pertamanan.

"Setelah proses penertiban selesai, kami langsung menerjunkan petugas pertamanan untuk mulai mengalihfungsikan lahan bekas lapak pedagang liar untuk dilakukan penghijauan dengan menanami ratusan pohon," kata Rizal.

Baca juga: Satpol PP bangun pos pantau cegah lapak PKL liar di Tangerang

Ia melanjutkan penanaman pohon tersebut merupakan bagian upaya tindak lanjut dari proses penataan Pasar Sipon Cipondoh. Pemkot Tangerang berkomitmen menormalisasi fasilitas umum di kawasan tersebut, salah satunya dengan melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Irigasi Sipon.

"Selain untuk membuat nyaman kawasan tersebut, penanaman pohon juga dilakukan untuk membatasi pemanfaatan bahu jalan oleh para pedagang liar dalam jangka panjang," katanya.

Camat Cipondoh Khotibul Imam menambahkan penertiban yang dilakukan telah membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Sebelumnya, Jalan Irigasi Sipon yang dipenuhi lapak para pedagang liar, saat ini berhasil kembali dinormalisasi dengan tingkat kemacetan yang menurun drastis.

“Alhamdulillah, berdasarkan pemantauan lapangan terakhir selepas penertiban berlangsung, Jalan Irigasi Sipon yang sebelumnya digunakan untuk berdagang liar dapat kembali normal, renggang, bahkan lancar untuk dilalui para pengguna jalan,” kata Khotibul Imam.

Baca juga: Pemkot Tangerang bongkar lapak pedagang di bantaran Kali Sipon

Tidak hanya itu, proses penertiban Pasar Sipon Cipondoh juga membuat Jalan Irigasi Sipon dapat kembali berfungsi normal sebagai salah satu jalan alternatif Jalan Hasyim Asy’ari yang mempunyai mobilitas yang padat.

Pemkot Tangerang telah merencanakan pemanfaatan mekanisme satu arah (one way) di Jalan Irigasi Sipon setelah penertiban berlangsung.

“Bisa dilihat bersama, para pedagang saat ini sudah banyak yang tidak lagi berjualan di bahu jalan, sehingga secara otomatis kemacetan yang sebelumnya rutin terjadi dapat terurai secara maksimal,” katanya.

Baca juga: Terkait penataan, Pemkot Tangerang relokasi pedagang Pasar Sipon

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024