Pj Wali Kota Tangerang Nurdin menginstruksikan kepala dinas kesehatan untuk menambah jam operasional layanan Puskesmas karena banyaknya masyarakat yang berobat dan membutuhkan layanan kesehatan di luar jam yang saat ini berlaku.

"Supaya semakin banyak masyarakat yang tertangani oleh Puskesmas," kata Pj Wali Kota Nurdin di Tangerang, Banten, Rabu.

Ia mengatakan dalam kegiatan peninjauan yang dilakukan di UPT Puskesmas Cipondoh kemarin, banyak warga yang datang ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan.

Maka itu ia berharap agar seluruh tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan tetap menjaga kesehatan selama bertugas.

"Sejauh ini semua sudah berjalan baik dan harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan kualitasnya," katanya.

Baca juga: Dinkes Tangerang siagakan 20 puskesmas UGD selama mudik

Ia juga memastikan pasca kembali aktif bekerja kemarin, pelayanan di Puskesmas telah berjalan normal dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

"UGD tetap beroperasi 24 jam walaupun kemarin ada libur dan cuti bersama, dan hari ini seluruh pelayanan sudah normal," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang tetap siaga melaksanakan tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kendati dalam kondisi libur Idul Fitri, mulai dari unsur kesehatan, kebersihan dan juga BPBD.

Abdul Hadi, warga Kecamatan Cipondoh mengaku tidak mengalami kendala walaupun sang istri harus melahirkan di saat libur karena Puskesmas Cipondoh tetap beroperasi.

"Tidak ada pengaruhnya walau libur, tetap dilayani dengan cepat," kata dia.

Ia juga mengungkapkan, pelayanan yang diberikan oleh UPT Puskesmas Cipondoh sebagai tempat melahirkan sang istri sangat paripurna, mulai dari sebelum hingga selesai proses persalinan. "Bahkan ada satu petugas yang sampai ikut ke rumah untuk memeriksa keadaan pasien," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan di Kota Tangerang telah tersedia 20 puskesmas UGD, 17 puskesmas poned dan 34 rumah sakit yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang.

Baca juga: Masyarakat diimbau skrining penyakit tidak menular usai Lebaran
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024