Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyiagakan 20 puskesmas UGD, 17 puskesmas poned dan 34 rumah sakit selama musim mudik Lebaran berlangsung.

"Ini menjadi langkah antisipasi jika dibutuhkan penanganan atau tindakan yang lebih serius pada pasien atau pemudik. Mulai dari arus mudik maupun arus balik, dengan fasilitas kesehatan yang memadai dan tenaga kesehatan yang profesional,” kata Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Kamis.

Ia menambahkan Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga menyiagakan petugas di enam Posko Kesehatan yang didirikan di jalur mudik mulai 4 – 16 April 2024.

Enam posko kesehatan tersebut didirikan di Rest Area 13,5 arah Jakarta – Merak, Rest Area KM 14 arah Merak – Jakarta, Pospam Tangcity Mal, Pospam Jatake Perum Magnolia, Pospam CBD Ciledug, dan Pospam Terminal Poris Plawad.

Baca juga: Pantai Anyer dan Cinangka dipastikan aman untuk berlibur Lebaran

Ia menjelaskan enam posko kesehatan yang tersebar di jalur mudik di Kota Tangerang telah dilengkapi dengan ambulans gratis dan Ambulans Smart 119.

Dengan adanya sejumlah posko dan fasilitas yang disiapkan, diharapkan dapat menjadi pendukung kelancaran para pemudik.

“Kami mengimbau bagi pemudik untuk dapat memanfaatkan fasilitas posko kesehatan mudik yang telah didirikan. Salah satunya, pemudik bisa memeriksakan kesehatannya di posko tersebut. Saat dirasa tubuh kurang sehat, terlebih bagi para pemudik yang mengendarai mobil atau sepeda motor dengan jarak jauh,” kata dia.

Baca juga: Bupati Tangerang lepas 1.508 pemudik gratis tujuan empat provinsi

Sebagai informasi, posko kesehatan mudik dibuka secara gratis bagi siapa pun para pemudik, bukan hanya warga Kota Tangerang.

"Jadi, manfaatkan fasilitas kesehatan ini, minimal untuk mengecek kesehatan tubuh. Sehingga, perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman dan sehat sampai kota tujuan," katanya.

Baca juga: Perantau asal Semarang di Tangerang pilih mudik lebih awal

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024