Sejumlah warga asal Semarang yang merantau ke Kabupaten Tangerang, Banten memilih mudik ke kampung halamannya lebih awal sebelum cuti bersama Idul Fitri pada 8 April 2024.

"Kita pilih mudik lebih awal tahun ini untuk menghindari kepadatan di jalan dan kebetulan sekarang kita ikut program mudik gratis dari pemerintah," kata Santoso (38), salah satu pemudik asal Semarang  di Tangerang, Kamis.

Dia mengatakan bersama anak dan istrinya memutuskan untuk pulang lebih awal untuk menghindari penumpukan dan peningkatan harga tiket perjalanan.

"Kalau tidak sekarang, nantinya pasti kita nggak bakal bisa pulang, karena kehabisan tiket," katanya menambahkan.

Baca juga: Puluhan sopir bus mudik gratis di Tangerang jalani tes urine

Dia mengungkapkan untuk menuju kampung halamannya yang berada di Semarang, Jawa Tengah, ia bersama keluarga memanfaatkan bus antar- provinsi dalam program mudik gratis dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

"Kebetulan tahun ini ada program mudik gratis lagi, jadi saya ikut daftar. Akhirnya saya terverifikasi masuk daftar peserta mudik tahun ini," terangnya.

Ia mengaku selama merantau di Kabupaten Tangerang, dirinya bekerja di salah satu perusahaan jasa antar barang sejak tahun 2017.

Di momen Lebaran tahun ini, dirinya baru pertama kali mengikuti program mudik gratis tersebut. "Selama delapan tahun merantau, saya baru pertama kali ikut mudik gratis pemerintah," tuturnya.

Baca juga: Tangcity targetkan jumlah kunjungan akhir pekan 100 ribu orang

Hal senada disampaikan pemudik asal Solo,Suratno (53), yang juga memilih kembali lebih awal ke kampung halaman dari Tangerang untuk menghindari kepadatan.

"Pilih pulang sekarang, supaya nanti nggak kejebak macet. Soalnya dari pengalaman sebelumnya sering terjebak macet," katanya.

Suratno yang berprofesi sebagai nelayan di Teluknaga, Kabupaten Tangerang ini berencana pulang ke kampung halamannya selama dua pekan.

"Rencana mau dua minggu liburan di kampung," ucap dia.

Baca juga: Polresta Tangerang siap tindak tegas bagi SPBU curang

Program mudik gratis Lebaran 2024, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyediakan kuota 1.430 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 26 unit.

Dari puluhan angkutan tersebut disediakan mengantar ke 11 kabupaten/kota di empat provinsi .

Untuk daftar ke 11 kabupaten/kota yang menjadi tujuan pada program mudik gratis Pemerintah Kabupaten Tangerang 2024, yakni Provinsi Jawa Barat dengan tujuan Kabupaten Pangandaran, Cirebon.

Kemudian, Provinsi Jawa Tengah, dengan rute tujuan Kota Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo dan Wonosobo dan Provinsi Jawa Timur tujuan Kota Madiun, Malang dan Surabaya, serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Masyarakat yang mudik diimbau tak gunakan sepeda motor

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024