Sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak, Banten dipadati konsumen menjelang Lebaran 2024 hingga mencapai ribuan orang dibanding hari biasa.
 
"Kami merasa kewalahan melayani konsumen dengan pengunjung cukup banyak,"kata Emen (40) seorang pedagang sayuran di pasar tradisional Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Selasa.
 
Para konsumen itu tidak hanya datang dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Lebak juga perbatasan Kabupaten Serang, Bogor dan Pandeglang.  Sebab, pasar tradisional Rangkasbitung terbesar di Kabupaten Lebak.

Baca juga: Libur Lebaran, nonton "Keluar Main 1994" bisa jadi pilihan
 
Para konsumen membeli aneka sayuran itu, seperti kentang, ketimun, kubis, wortel,cabai dan bawang merah untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri.
 
"Kami hari ini semua barang dagangan aneka sayuran habis dibeli konsumen sehingga dapat menghasilkan omzet Rp30 juta," katanya.
 
Begitu juga Herman (50) seorang pedagang daging kerbau di Pasar Tradisional Maja mengatakan bahwa hingga siang ini sudah terjual sekitar 300 kilogram karena banyak pengunjung menjelang lebaran itu.
 
Pendapatan omzet cukup besar dengan habis sebanyak 300 kilogram bisa menghasilkan Rp42 juta dari harga Rp140 ribu per kilogram.
 
"Kami merasa terbantu ekonomi keluarga dari penjualan daging kerbau menjelang lebaran," kata Herman.

Baca juga: Jelang Lebaran, harga emas Antam tembus Rp1.306.000 per gram
 
Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Yani mengatakan sejak tiga hari terakhir menjelang lebaran pengunjung sejumlah pasar tradisional di daerah ini cenderung meningkat tajam hingga ribuan orang.
 
"Mereka konsumen itu membeli keperluan aneka makanan untuk perayaan Idul Fitri yang jatuh pada hari Rabu (9/4)," katanya.
 
Menurut dia, pemerintah daerah juga mengapresiasi harga komoditas bahan pokok dan aneka sayuran relatif stabil dan tidak ada gejolak, karena stok persediaan melimpah, termasuk cabai dan beras.
 
"Kami merasa bersyukur harga kebutuhan bahan pokok tidak terjadi kenaikan menjelang lebaran," katanya. 

Baca juga: Polisi Tangerang pastikan keamanan rumah yang ditinggal mudik Lebaran

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024