Polres Serang bersama instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU di wilayah Kabupaten Serang, Banten, untuk memastikan BBM aman saat mudik lebaran.
 
"Menjelang persiapan mudik hari raya Idul Fitri, Polres Serang bersama instansi terkait melakukan sidak ke sejumlah SPBU," kata Kasatreskrim Polres Serang, AKP Andi Kurniady ES, di Serang, Banten, Selasa.
 
Pemeriksaan ini untuk mencegah adanya kecurangan takaran hingga stok BBM saat mudik lebaran. Melalui Unit II (Tipidter), melakukan pendampingan sidak ke sejumlah SPBU di Jalan Raya Serang-Jakarta yang masuk ke wilayah hukum Polres Serang.
 
"Sedikitnya ada tiga SPBU yang dilakukan sidak, yaitu SPBU Cimiung Ciruas, SPBU Sentul Kecamatan Kragilan, dan SPBU Ciagel Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang buka layanan pengaduan SPBU nakal
 
Dalam sidak ini dilakukan pengecekan ukuran Tera, mesin digital SPBU dan dari hasil pengecekan ini dalam rangka antisipasi adanya kecurangan yang dilakukan oleh SPBU, demi kenyamanan masyarakat saat mudik lebaran mendatang.
 
"Kami ingin pastikan bahwa pendistribusian BBM bersubsidi sudah sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada kecurangan," tambahnya.
 
Andi menjelaskan kegiatan sidak ke SPBU ini juga didampingi pihak Diskonperdag Kabupaten Serang, UPT Metrologi Kabupaten Serang, dan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang.
 
"Disana kami juga memberi himbauan kepada petugas SPBU untuk tidak melakukan kecurangan," jelasnya.
 
Andi menegaskan dari hasil pengecekan di lapangan tidak ada temuan adanya indikasi kecurangan dalam pengisian bahan bakar, oleh pihak SPBU. Pompa pengisian BBM normal dan semua mesin dispenser masih tersegel. Jumlah bahan bakar yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah harga yang sudah ditentukan.
 
"Sejauh ini masih aman, tidak ditemukan adanya kecurangan," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang uji tera mesin pengisian di SPBU jalur mudik

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024