Terminal Bus Mandala Rangkasbitung, yang merupakan terminal utama di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten hingga kini masih sepi penumpang angkutan mudik Lebaran 1445H/2024.
 
"Kami memprediksi puncak arus mudik Lebaran di sini pada H-4 mencapai 1.700 orang," kata Kepala Terminal Mandala Kabupaten Lebak Muksin di Rangkasbitung, Lebak, Kamis.
 
Pihaknya menyiapkan angkutan Lebaran sebanyak 50 unit bus Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) dengan enam trayek dari delapan perusahaan otobus.
 
Untuk bus AKAP melayani trayek Rangkasbitung-Bogor - Kalideres - Tanjung Priok - Bekasi- Bandung-Garut
 
Sedangkan, kendaraan untuk melayani Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Pedesaan (Angdes) sebanyak 60 unit.

Baca juga: Baznas Lebak bantu warga yang kesulitan pangan
 
Untuk kendaraan AKDP melayani jurusan wilayah Provinsi Banten dengan trayek Rangkasbitung- Tangerang - Serang-Merak-Bayah- Wanasalam-Labuan.
 
Selanjutnya, kendaraan Angdes melayani untuk 28 kecamatan di Kabupaten Lebak.
 
"Semua kondisi pengemudi/sopir angkutan Lebaran tidak ditemukan positif narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan setempat," katanya.
 
Menurut dia, saat ini kondisi kelayakan angkutan kendaraan Lebaran 2024 relatif baik hasil pemeriksaan ramp check mulai rem, lampu, ban hingga kaca spion dan lainnya.
 
Selain itu juga petugas kini memasang stiker tiket angkutan Lebaran sesuai kesepakatan yang melibatkan pengurus angkutan, perusahaan otobus dan Dinas Perhubungan setempat.
 
Untuk rute Rangkasbitung - Tanjungpriok dalam stiker terpampang Rp55 ribu per penumpang dan Rangkasbitung - Kalideres Rp40 ribu per penumpang.

Baca juga: Masjid Agung As Salafie Caringin berusia 138 tahun dan masih terawat
 
Oleh karena itu, Terminal Mandala Kabupaten Lebak siap melaksanakan angkutan pemudik Lebaran 2024 aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.
 
"Kami berharap arus mudik Lebaran berjalan aman dan lancar," kata Muksin.
 
Murod ( 55) seorang pengemudi bus mengatakan dirinya melayani trayek Rangkasbitung - Bekasi hingga beberapa hari terakhir ini penumpang arus mudik Lebaran belum terlihat lonjakan.
 
Mereka para pekerja di wilayah Bekasi dan Cikarang belum menerima THR dari perusahaan.
 
"Kami meyakini angkutan lebaran tahun ini dipastikan arus mudik terjadi kenaikan dibandingkan tahun lalu, " katanya menjelaskan.

Baca juga: Tim SAR Banten kembali temukan korban anak terseret arus Sungai Cisimeut

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024