Forum perangkat daerah Kabupaten Serang menyinergikan program tahun 2025 mulai dari program pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa atas dasar dari hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang).
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Nanang Supriatna, di Serang, Banten, Rabu, mengatakan kegiatan ini berangkat dari usulan-usulan organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan dan desa.
 
"Kegiatan ini berangkat dari hasil musrenbang dan aspirasi dewan, dari usulan-usulan OPD, kecamatan dan desa. Karena harus kita sinkronkan dan menyesuaikan anggaran bagaimana akan bisa dilaksanakan pada tahun 2025," katanya.
 
Nanang mengatakan penyusunan rencana pembangunan daerah tahun 2025 juga memperhatikan rumusan prioritas pembangunan, di antaranya terdapat 12 item program prioritas. Namun hal itu perlu dibarengi dengan kemampuan fiskal daerah.

Baca juga: Perusahaan di Kota Serang diimbau bayar THR tepat waktu
 
Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Serang, Rahmat Maulana, mengatakan bahwa forum gabungan adalah bagaimana melakukan sinergisitas program baik dari pusat, provinsi dan kabupaten sendiri, kemudian dari masyarakat melalui musrenbangdes dan lewat kecamatan.
 
Kemudian yang kedua, kolaborasi adanya kegiatan yang sifatnya lintas sektor, lintas OPD, lintas urusan untuk dipastikan kegiatan itu diampu oleh beberapa OPD.
 
"Jadi pada saat implementasi tidak ada lagi OPD yang saling 'melempar' (tanggung jawab)," katanya.
 
Selanjutnya ketiga, memastikan program prioritas bisa dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tahapan dan target-target.
 
"Kalau melihat tahun kemarin hasil LKPJ angka-angka indikator makro selalu tercapai. Mudah-mudahan kolaborasi ini menjadi bagian yang baik, sehingga ada efisiensi di situ produtivitas dan nilai-nilai ekonomis yang bisa membangkitkan ekonomi lokal di Kabupaten Serang,” katanya.

Baca juga: Bantu masyarakat penuhi bahan pokok, Pemkab Serang gelar bazar Ramadhan

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024