BPJamsostek mengajak pemberi kerja, khususnya industri ritel memberikan perlindungan jaminan sosial kepada seluruh tenaga kerjanya terkait risiko dalam bekerja. 

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Zainudin di Tangerang, Kamis, mengatakan setiap pekerja pasti tak terhindarkan dari risiko kecelakaan, kematian, dan hari tua.

Oleh karena itu perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, lanjutnya, merupakan salah satu elemen penting untuk mencegah pekerja jatuh dalam kemiskinan ekstrem.

"Manfaat lain adalah pemberi kerja juga akan lebih diuntungkan dengan mendaftarkan tenaga kerjanya di BPJamsostek karena seluruh risiko yang dialami pekerja akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Zainudin usai memberikan santunan kepada ahli waris karyawan PT Sumber Alfaria Trijaya di Tangerang.

Baca juga: Bpjamsostek-Brawijaya Hospital kerja sama soal pelayanan kesehatan

Zainudin juga mengapresiasi PT Sumber Alfaria Trijaya terkait komitmen memberikan perlindungan jaminan sosial kepada seluruh pekerjanya yang berjumlah 160.000 orang. 

"Secara khusus kami mengapresiasi Alfamart yang telah mendaftarkan seluruh pekerjanya dan tertib dalam pembayaran iuran. Hal ini penting agar manfaat dari program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat dirasakan seutuhnya oleh para pekerja,”ungkap Zainudin.

Zainudin juga mengajak manajemen dan jajaran Alfamart untuk turut serta dalam gerakan nasional Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (Sertakan).

"Melalui gerakan ini para peserta didorong untuk ikut melindungi pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) yang ada di sekitar mereka, seperti asisten rumah tangga, supir pribadi, atau bahkan pedagang makanan yang sudah menjadi langganan," katanya.

Baca juga: BPJamsostek Tangerang minta pemberi kerja beri perlindungan sosial bagi pekerja

Human capital Director PT Sumber Alfaria Trijaya, Tri Wasono Sunu mengatakan seluruh karyawan Alfamart terdaftar dalam peserta BPJamsostek.

"Jumlahnya mencapai 160.000 yang tersebar di seluruh Indonesia dan seluruhnya telah didaftarkan peserta BPJamsostek," kata dia.

Kepala kantor Cabang Tangerang Cikokol Zain Setyadi menambahkan  hubungan yang baik antara BPJS Ketenagakerjaan dan PT Sumber Alfaria Trijaya merupakan suatu langkah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pekerja dan keluarganya dalam bidang jaminan sosial ketenagakerjaan di Kota Tangerang.

“Dengan adanya kegiatan silaturahmi ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan kepedulian dan keselamatan terhadap para pekerja di sekitarnya sehingga manfaat program BPJS Ketenagakerjaan tercipta secara universal coverage,” kata dia.

Baca juga: 300 nelayan di Tangerang dapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024