Sebanyak 300 nelayan di wilayah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mendapat perlindungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dari pemerintah setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

"Kita serius untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan. Dengan telah terjaminnya para nelayan di Kabupaten Tangerang dan telah tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan, maka keamanan mereka yang berjuang mencari ikan untuk masyarakat Kabupaten Tangerang lebih terjamin dan pasti," kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Rabu.

Menurutnya, selama ini Pemkab Tangerang berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan, baik melalui pemberian bantuan sarana prasarana alat tangkap, pembinaan dan pemberdayaan nelayan maupun pemberian fasilitas jaminan perlindungan jiwa dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Pemkab Tangerang gencarkan penertiban PMKS jelang Ramadhan

Perlindungan melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi para nelayan ini dinilai sangat penting guna menjamin keselamatan mereka selama bekerja.

"Kenapa perlu dijamin, karena bapak-bapak ini adalah pahlawan ekonomi Kabupaten Tangerang. Pemerintah menjaminkan keamanan mereka kepada BPJS agar bapak-bapak ini lebih tenang dan memiliki kepastian perlindungan saat mencari ikan," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Tangsel larang tempat hiburan malam beroperasi selama Ramadhan

Andi berharap ke depan para nelayan untuk terus bersinergi bersama pemerintah daerah khususnya dalam berperan aktif dan senantiasa mendukung program pembangunan Pemkab Tangerang.

"Sekarang ini 300 nelayan yang dijaminkan BPJS, tetapi untuk tahun ini ditargetkan 1.000 nelayan yang akan dimasukkan ke program BPJS Ketenagakerjaan dan akan semakin ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya," kata dia.

Sementara itu, Kadis Perikanan Kabupaten Tangerang, Jaunudin mengatakan nelayan Kabupaten Tangerang saat ini tercatat ada sekitar 4.000 lebih. Pihaknya akan terus berupaya mengikutsertakan seluruh nelayan Kabupaten Tangerang dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

"Sebagai tahap awal, kita memberikan BPJS Ketenagakerjaan sekitar 300 nelayan dan akan kita tambah terus kepesertaannya sesuai arahan Bapak Bupati," terang dia.

Baca juga: Dispora Kota Tangerang gelar pelatihan pelatih anggar

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024