Tinggi gelombang laut di perairan selatan Banten, Samudera Hindia dan Selat Sunda bagian selatan mencapai empat meter berlaku 8-9 Maret 2024.

Berdasarkan prakiraan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Serang yang dikutip media, Jumat, gelombang tinggi tersebut terjadi di pantai Kabupaten Lebak dan Pandeglang.
 
Pelaku pelayaran tentu harus waspada karena resiko tinggi terhadap keselamatan bagi perahu nelayan, kapal Ferry dan kapal tongkang yang melintasi perairan tersebut.
 
Selain itu perairan bagian selatan, resiko tinggi terhadap perahu nelayan dan kapal tongkang juga terjadi di perairan Selat Sunda bagian Utara dengan tinggi gelombang 2,5 meter.
 
Begitu pula angin bergerak dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam dan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celcius tingkat kelembapan udara 60-95 persen.

Baca juga: Hari ini, BMKG prakirakan mayoritas wilayah Indonesia diguyur hujan
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan berdasarkan pantauan citra satelit pada pukul 17.00 WIB, terpantau adanya pertumbuhan awan konvektif yang berpotensi mengakibatkan hujan sedang-lebat disertai angin kencang dan petir di sebagian wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang bagian tengah dan selatan, Kabupaten Serang bagian barat, Kabupaten Tangerang bagian selatan.
 
Potensi cuaca buruk itu bisa meluas ke Kabupaten Pandeglang bagian Utara, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang , Kabupaten Tangerang bagian tengah, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.
 
Angin bergerak ke arah timur hingga timur laut dan kondisi diprakirakan akan berlangsung 3 jam ke depan.
 
Baca juga: Gempa magnitudo 6 terjadi di Karatung Sulawesi Utara
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024