Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat membeli pangan jelang bulan Ramadhan agar mencegah adanya pangan yang mengandung zat kimia berbahaya.

"Tingkatkan kewaspadaan saat membeli pangan serta memanfaatkan layanan Pojok Uji Keamanan Pangan yang tersebar di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Tangerang,” kata Kepala Tim Keamanan Pangan DKP Kota Tangerang Waljiyati, di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat menggencarkan pengawasan lapangan dengan mendatangi pasar tradisional dan modern jelang bulan Ramadhan.

Tim Gabungan Pemkot Tangerang yang terdiri dari Dinkes, BPOM, dan kepolisian akan terus meningkatkan pengawasan pangan dengan menggelar Sidak Pengawasan Pangan Terpadu secara berkala pada 3-5 Maret 2024.

Baca juga: Tim gabungan Pemkot Tangerang sidak pangan jelang Ramadhan

Selain itu, lanjut dia, DKP juga mengimbau secara tegas kepada pedagang yang produk pangannya ditemukan mengandung zat kimia berbahaya.

“Selama hasil pengujian, hampir semua produk pangan, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, dan pangan olahan semuanya dalam kualitas aman. Hanya saja, sebagian kecil dari sampel masih ditemukan positif mengandung zat kimia berbahaya,” katanya, usai melakukan sidak di Pasar Lembang.

Dia melanjutkan, DKP Kota Tangerang telah memberikan teguran tegas kepada para pedagang yang ditemukan menjual produk pangan yang mengandung zat kimia berbahaya.

Pihaknya meminta para pedagang untuk membuat surat penyataan bermeterai sebagai langkah antisipasi peredaran produk pangan yang dinilai berkualitas tidak aman tersebut.

"Meski secara umum dalam kondisi aman, DKP langsung menindak hasil temuan tersebut selama sidak dengan memberikan teguran tegas kepada para pedagang secara langsung," pungkas Waljiyati.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pemkab Tangerang gencarkan bazar pangan murah

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024