DPRD Provinsi Banten meminta Pemerintah Provinsi Banten menambah ruang kelas baru (RKB) untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sesuai dengan kewenangan.

"Aspirasi yang kami terima dari masyarakat paling banyak adalah sektor pendidikan. Masyarakat menginginkan kemudahan akses sekolah jenjang SMA/SMK," kata Wakil Ketua DPRD Banten Fahmi Hakim di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, aspirasi tersebut diterima dalam setiap kesempatan melakukan reses, khususnya di daerah pemilihannya di Kabupaten Serang. Sebab selama ini jumlah sekolah atau ruang kelas yang ada masih sangat kurang.

"Kadang akses-nya terlalu jauh sehingga masyarakat juga keberatan karena kebutuhan operasional yang lumayan. Kalau sekolahnya lebih dekat kan tidak terlalu makan biaya," kata Fahmi.

Baca juga: JPO di atas tol MMS rusak jadi perhatian anggota DPRD Banten

Ia berharap Pemprov Banten segera menambah RKB tersebut setiap tahunnya secara merata. Sehingga tingkat partisipasi pendidikan masyarakat  untuk jenjang SMA/SMK dan juga SKh bisa meningkat.

"Aspirasi itu sudah kami masukan dalam pokok-pokok pikiran DPRD Banten yang sudah diusulkan ke Pemprov Banten," kata politisi Partai Golkar ini.

Selain soal pendidikan, kata dia, aspirasi lainnya juga disampaikan warga terkait sarana irigasi teknis atau pengairan untuk lahan pertanian yang harus ditingkatkan. Dengan demikian, perekonomian masyarakat terutama didaerah sentral padi di Kabupaten Serang juga bisa meningkat.

"Irigasi teknis untuk sawah-sawah di Kabupaten Serang ada yang harus diperbaiki juga perlu penambahan," katanya.

Sebelumnya DPRD Provinsi Banten meminta pemerintah kabupaten/kota maupun Provinsi Banten agar segera memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di sebagian wilayah Kabupaten Serang.

"Kami selalu menerima aspirasi terkait air bersih di sebagian wilayah Kabupaten Serang, terutama di wilayah utara," pungkas Fahmi Hakim.

Baca juga: DPRD Banten minta pihak terkait bantu pemerintah kendalikan harga beras

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024