Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyiapkan delapan titik lokasi operasi pasar menjelang Ramadhan guna menekan laju kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Untuk provinsi kita siapkan delapan titik nanti awal Maret ini. Kemudian nanti kabupaten/kota juga mengadakan di masing-masing kecamatan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso di Serang, Senin.

Ia mengatakan, operasi pasar yang dilakukan di pasar-pasar tersebut nantinya akan menjual kebutuhan pokok yang paling banyak dibutuhkan masyarakat seperti beras, minyak, telur, daging, tepung terigu dan lainnya.

"Beras misalnya kita siapkan minimal 2 ton untuk setiap titik dengan harga beras medium Rp10.900 per kilogram," kata Babar.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Perum Bulog Lebak-Pandeglang jamin stok beras aman

Ia mengatakan, terkait masih tingginya harga beras premium yakni kisaran Rp16 ribu per kilogram, disebabkan karena pasokan gabah lokal yang berkurang. Sebab para petani baru tanam padi pada Januari yang seharusnya tanam pada November Desember 2023.

"Nah akibat panen terlambat karena tanam-nya terlambat. Sehingga beras di pasaran berkurang. Nah, sementara beras yang diminati itu berasal dari gabah lokal yakni beras premium," kata Babar.

Menurutnya, karena harga gabah-nya tinggi yakni sekitar Rp8.000 lebih per kilogram. Jadi kalau hitungan pasar harga gabah sekitar Rp8.000 per kilogram, maka harga berasnya bisa dua kali lipat yakni Rp16 ribu per kilogram harga pasarnya.

"Jadi wajar kalau di pasar harga beras premium Rp16.000 per kilogram," kata Babar.

Baca juga: Jelang Ramadhan, omzet pedagang gula aren di Lebak naik

Adapun upaya sementara Pemprov Banten mencoba mengendalikan harga dengan beras impor yakni beras dari Bulog dengan harga Rp10.900 per kilogram.

"Nah sekarang itu sudah mulai diminati dengan harga pasar beras premium yang tinggi. Masyarakat sudah mau mengkonsumsi beras tersebut dan itu sedang kita upayakan distribusi-nya karena warung-nya terbatas," kata Babar.

Ia mengatakan, beras Bulog itu dulu warung-nya hanya di Pasar Lama dan Pasar Rau Kota Serang. Sekarang akan diperluas diupayakan di kecamatan-kecamatan seperti di Kecamatan Petir, di Barus dan di Anyer.

"Nah itu sedang kita tambah outlet itu kerja sama dengan BUMD melalui warung Banten," kata Babar.

Sedangkan harga komoditi lainnya seperti minyak, daging ayam dan kebutuhan lainnya masih standar.

"Kecuali harga telur ayam masih ada kenaikan rata-rata Rp2.000 per kilogram dari harga eceran tertinggi. Ini karena harga jagung masih tinggi," kata Babar.

Baca juga: Ini menu berbuka puasa Ramadhan ala The Springs Club Tangerang
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024