Disperindagkop UKM Kota Tangerang berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian menggelar bimbingan teknis Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) bagi pelaku industri kecil dan menengah terkait tata cara pelaporan semester kegiatan perindustrian.

Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi di Tangerang, Rabu mengatakan Bimtek SIINas diselenggarakan pada 20-22 Februari 2024 menyasar puluhan pelaku industri kecil dan menengah di Kota Tangerang.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendampingan sekaligus pelatihan terkait tata cara pelaporan semester kegiatan perindustrian pada sistem aplikasi SIINas.

Berbagai materi pelatihan yang disampaikan meliputi mekanisme perizinan berusaha, mekanisme pelaporan kegiatan perindustrian pada setiap semester, sampai manfaat penggunaan sistem aplikasi SIINas untuk sektor industri yang sedang dikembangkan.

“Bimtek ini untuk menjawab kebutuhan para pelaku industri di Kota Tangerang. Lewatnya, para pelaku industri tersebut dapat mengakses data yang lengkap, akurat, dan terbarukan sebagai bahan analisis kebijakan pengembangan industri masing-masing melalui aplikasi SIINas,” kata Suli usai membuka Bimtek di Gedung Cisadane Rabu.

Baca juga: Tiga tahun terakhir, aktifitas ekspor Kota Tangerang alami peningkatan

Disperindagkop UKM Kota Tangerang juga berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Tangerang untuk memfasilitasi kelancaran Bimtek

“Bimtek ini juga menyediakan para fasilitator berpengalaman di bidangnya, sehingga para pelaku industri dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar lebih komprehensif dalam memajukan industri-industri yang sedang dikembangkan,” kata dia.

Selain itu, Disperindagkop UKM Kota Tangerang berharap Bimtek tersebut mampu mendorong peningkatan kualitas pengembangan industri, khususnya di sektor industri kecil dan menengah Kota Tangerang.

"Ini juga penting untuk mendorong kemajuan perekonomian di Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Pemkot tingkatkan modal pinjaman program Tangerang Emas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024