Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang bersama Seksi Kedokteran Kesehatan Polres Metro Tangerang Kota, Banten, telah menangani pemeriksaan dan pengobatan terhadap 268 orang yang mengeluh sakit sejak pemungutan suara pemilu, 14 Februari 2024 hingga kini.

"Dari 268 orang itu, enam orang dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih intensif. Hingga hari ini hanya ada satu orang yang masih dirawat," kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho usai kegiatan pemeriksaan kesehatan petugas PPS, PPK, KPPS, anggota Polri/TNI di Kantor Kelurahan Sukasari, Jumat.

Kapolres mengatakan satu orang yang dirawat saat ini, kondisinya sudah mulai berangsur pulih, termasuk dua personel kepolisian yang mengeluh sakit saat pemungutan suara berlangsung dan sudah bertugas kembali sekarang.

Ia pun menilai pelayanan kesehatan yang telah dilakukan oleh Dinkes Kota Tangerang dan Seksi Dokkes Polri itu menunjukkan kondisi lebih baik dibanding pada pemilu 2019 silam yang banyak menelan korban meninggal dunia karena sakit dan kelelahan.

"Pemilu 2024 menunjukkan keaktifan petugas kesehatan, baik dari Dinkes maupun Sie Dokkes Polri," kata dia.

Baca juga: Petugas KPPS dan Panwaslu di Lebak dipulangkan usai jalani perawatan

Kapolres pun menginformasikan layanan kesehatan bagi petugas pemilu ataupun personel pengamanan berlangsung hingga rapat pleno KPU yang tersebar di kantor kelurahan dan kecamatan di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota.

"Bukan hanya petugas, saksi-saksi dari partai ataupun caleg peserta pemilu, termasuk masyarakat umum dapat berobat di posko yang didirikan di kantor kelurahan ataupun kecamatan di 18 Kecamatan. Pelayanan kesehatan ini gratis hingga sidang pleno KPU selesai," katanya.

Dia mengatakan kegiatan pada hari ini sebanyak 35 orang terdiri dari petugas PPS, PPK, KPPS, termasuk anggota Polri dan TNI diperiksa kesehatannya.

"Kita juga terus imbau para petugas pemilu bila mengalami sakit dapat langsung berobat," katanya.

Baca juga: Tetua Badui ajak masyarakat jaga kedamaian dan persatuan usai pemilu

Dia mengatakan sistem pemungutan suara pemilu, 14 Februari 2024 menyisakan banyak keluhan kesehatan dari penyelenggara pemilu ataupun personel pengamanan.

"Rata-rata keluhan yang dirasakan oleh petugas pemilu ataupun personel Polri dan TNI, kelelahan dan kurang enak badan," katanya.

Dai menambahkan pelayanan kesehatan juga telah dilakukan Dinkes dan Sie Dokkes Polres terhadap seluruh petugas dan personil pengamanan gudang logistik maupun TPS tersebar di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota.

"Pada saat akan dimulai pelaksanaan pemilu pun kita lakukan pemeriksaan kesehatan petugas melalui Dinkes dan Sie Dokkes, termasuk pascapencoblosan dan pengamanan TPS, kita juga lakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan ataupun vitamin," katanya.

Baca juga: Polres Tangerang Kota tambah personil di TPS pemungutan suara susulan
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024