Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho memastikan sebanyak 154 tahanan telah memberikan hak suaranya pada pemilu 14 Februari kemarin.

"154 tahanan yang terdiri dari 152 tahanan pria dan dua tahanan wanita dipastikan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024," kata Kapolres Kombespol Zain di Tangerang Kamis.

Ia mengatakan 154 tahanan tersebut tersebar di ruang tahanan Polres dan 12 Polsek jajaran. Pelaksanaan pencoblosan surat suara dilangsungkan pada pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB di ruang tahanan.

Baca juga: 8.269 warga binaan Lapas/Rutan di Banten bisa gunakan hak pilih

Kasi Humas Kompol Aryono menambahkan saat pencoblosan berlangsung, petugas KPPS didampingi petugas pengamanan TPS, KPU dan Bawaslu mendatangi tahanan secara langsung. Hadir juga ikut memantau yakni Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti dan Satpol PP.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu pelayanan kepada tahanan Polri yang akan salurkan hak pilihnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami selaku pihak kepolisan dalam kegiatan pemilu 2024 serentak dilaksanakan terhadap para tahanan hanya sebatas melakukan koordinasi dan pengamanan terhadap tahanan yang akan melaksanakan pencoblosan di ruang tahti Polres dan Polsek jajaran,” jelasnya.

Baca juga: Ketua Komisi I DPRD Banten nilai proses demokrasi masih transaksional

Sebelumnya Sebanyak 2.483 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas II A Kota Tangerang Banten juga menyalurkan hak pilih dalam Pemilu 2024 

Kepala Lapas Pemuda Kelas II A Kota Tangerang Wahyu Indarto mengatakan terdapat sembilan Tempat Pemungutan Suara Khusus (TPSK) yang disiapkan untuk memfasilitasi narapidana dalam menyalurkan hak pilihnya.

Ia mengatakan jumlah narapidana yang terdapat di Lapas Pemuda Kelas II A Kota Tangerang sejumlah 2.797 orang namun surat suara yang diberikan oleh KPU Kota Tangerang untuk 2.483 orang.

"Jadi, kami utamakan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Proses pencoblosan berjalan dengan lancar dan tertib,” kata Wahyu.

Baca juga: Situasi Tangerang kondusif usai pemungutan suara pemilu

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024