Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten, berupaya membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar produk mereka masuk ritel besar sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang, Jumat,  mengatakan untuk bisa menembus ritel tentunya harus dilakukan peningkatan kualitas produk.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi pelaku UMKM sebelum produknya bisa masuk ritel dan bersaing dengan produk lainnya.

"Peningkatan kualitas menjadi hal yang penting agar bisa menembus pasar ritel. Pemkot Tangerang Selatan akan membantu dan mendorong semakin banyak produk UMKM masuk ritel meski saat ini sudah ada 17 lebih yang masuk," kata Wakil Wali Kot Pilar dalam keterangannya.

Baca juga: Pemprov Banten perkuat pengembangan koperasi dan UMKM dengan PLUT

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan adalah dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM.

Pelatihan yang diberikan diantaranya adalah packaging, pemasaran, digitalisasi untuk peningkatan mutu dan kualitas.

"Sekarang banyak UMKM yang layak dan terkurasi dengan baik. Diharap akan semakin banyak produk-produk UMKM  masuk ke ritel besar," katanya.

Wakil Wali Kota Pilar juga berharap produk UMKM Kota Tangerang tidak hanya dijual di wilayah tetapi mencapai ke luar daerah sehingga pemasarannya semakin luas.

Ia juga menekankan perkembangan produk UMKM juga harus memperhatikan lingkungan seperti penggunaan plastik dalam kemasan produk

"Ini tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Mudah-mudahan kan ke depan, sudah banyak yang mengkurasi sehingga banyak yang memberikan pengetahuan bahwa kurangi masalah plastik, alternatif lain yang bisa didaur ulang," katanya.

Baca juga: UMKM binaan PIWKU Banten ikuti pelatihan pemasaran digital

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024