Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten akan menyiagakan ambulans dan fasilitas kesehatan bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang Nanang Saefudin, di Serang, Banten, Rabu, mengatakan bahwa terdapat beberapa poin yang telah dibahas terkait persiapan sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaan pemilu.
 
Hal tersebut disampaikan pada saat gelar rapat koordinasi persiapan pemilu 2024 yang dilaksanakan di ruang rapat sekretaris daerah, Rabu (7/2).
 
"Secara umum, sudah wajib hukumnya bagi Pemerintah Kota Serang turut mensukseskan terselenggaranya pemilu," ujarnya.

Baca juga: Pose dua jari, Kades di Serang dilaporkan ke Bawaslu
 
Nanang mengatakan pada saat pemungutan suara berlangsung akan disediakannya fasilitas kesehatan dan ambulans yang stand by hingga selesai rangkaian pemungutan suara.
 
Hal tersebut dilakukan guna mencegah kejadian yang sangat fatal terjadi seperti terjadinya di beberapa daerah pada pemilu sebelumnya.
 
“Kami minta kepada Dinkes kalau bisa seluruh ambulance yang kita punya dikerahkan dan stand by di Kecamatan pada saat pleno, dan mobile atau keliling TPS pada saat pelaksanaan Pemilu berlangsung," ujarnya.
 
Selain itu, kata Nanang, bukan hanya ambulans yang harus stand by, tetapi juga harus dilengkapi dengan Dokter, perawat serta persediaan obat-obatan yang dibutuhkan pada saat di lapangan.
 
"Bila perlu diberi vitamin agar para petugas terjaga kesehatannya pada saat pelaksanaan pemilu nanti," kata Nanang.

Baca juga: Sepekan jelang pemilu, Polres Serang tangkap 16 pelaku kejahatan
 
Nanang mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan monitoring logistik ke beberapa Kecamatan, dan hampir seluruh logistik pemilu di PPK sudah sampai seluruhnya dan siap didistribusikan ke PPS di setiap kecamatan.
 
“Masalah logistik berdasarkan pantauan kemarin aman, hanya tinggal didistribusikan ke masing-masing PPS di kelurahan," tuturnya.
 
Nanang juga berharap setiap unsur di Kecamatan wajib membantu dan memantau secara langsung kebutuhan yang diperlukan sebelum dan pada saat penyelenggaraan pemilu agar berjalan kondusif dan aman.
 
“Saya harap kepada pak camat pantau terus TPS pada sebelum, kalau bisa dipantau TPS mana yang rentan terkena banjir atau genangan air agar setidaknya dicari tempat terdekat dengan gedung milik pemerintah, agar saat terjadi hujan atau hal yang tidak diinginkan dan direncanakan, bisa kita relokasikan sehingga pelaksanaan pemilu tetap kondusif," katanya.

Baca juga: Polres Serang gelar simulasi sistem pengamanan TPS Pemilu 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024