PT Bank Danamon Indonesia bersama Jakpat mengungkapkan dari riset yang dilakukan pada Januari 2024 dengan melibatkan 1.000 responden, 61 persen menyebutkan penggunaan rekening bersama untuk dana pernikahan.

"Siset tersebut menunjukkan bahwa mayoritas dana pernikahan bersumber dari penghasilan bersama pasangan, sekaligus menegaskan peran tabungan sebagai andalan dalam membiayai acara sakral," kata Consumer Segmentation Head Danamon Meliani Chandra Biantoro ditemui dalam ajang Bridestory Market 2024 di ICE BSD Tangerang Kamis.

Dari hasil riset juga mengungkapkan jika pasangan tidak hanya fokus pada detail resepsi tetapi persiapan pasca menikah, termasuk perencanaan bulan madu yang mencapai angka signifikan sebesar 42 persen. 

Baca juga: KlikDokter-Danamon kerjasama promosi kesehatan dan transaksi pembayaran

Dari responden yang memberikan perhatian khusus pada bulan madu, sebanyak 81 persen responden mengatakan ingin langsung berbulan madu setelah resepsi. "Hasil tersebut menegaskan pentingnya perencanaan keuangan yang matang, mulai dari tahapan awal hingga setelah berlangsungnya pernikahan," ujarnya.

Melihat fenomena tersebut, Bank Danamon menawarkan sejumlah program untuk menjadi solusi atas kebutuhan “Dana-mau-nikah” atau yang disebut “#Danamonikah”

"Program ini ditujukan untuk segmentasi nasabah yang berusia 25-35 tahun dan seringkali tengah mempersiapkan pernikahan. Bahkan ada juga solusi kredit dalam membeli rumah," ujarnya.

Baca juga: Intimate wedding disebut jadi trend pernikahan saat ini

Presiden of Bridestory Ayunda Wardhani menambahkan pada gelaran tahun 2024 hadir dengan mengusung tren pernikahan terbaru yakni floral wonders. Event ini dilaksanakan mulai 1- 4 Februari 2024.

Kemudian ada 420 booth vendir pernikahan yang terdiri dari puluhan kategori, fotografi, venue, dekorasi, wedding organizer, perhiasan, undangan, katering, gaun dan busana pengantin.

"Kami mengajak calon pengantin untuk melihat dan berdiskusi langsung dengan vendor yang mengaplikasikan tema yang diusung pada tahun ini," katanya.

Baca juga: Plataran Indonesia hadirkan pameran pernikahan di hutan kota














 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024