Komisi I DPRD Banten melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten di ruang rapat Komisi I DPRD Banten, di Serang, Kamis.

Ketua Komisi I DPRD Banten Jazuli Abdillan mengatakan, ada 15 orang calon anggota KI Banten yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Dari jumlah tersebut, nantinya akan ditetapkan 5 orang yang akan diusulkan kepada Gubernur Banten.

"Ini merupakan tahap akhir dari beberapa tahap seleksi calon anggota KI Banten," kata Jazuli.

Baca juga: 15 nama calon anggota Komisi Informasi Banten yang lulus tes wawancara

Ia mengatakan, beberapa poin penting yang dipertanyakan kepada peserta uji kelayakan, diantaranya mengenai rekam jejak serta konfirmasi kepada peserta atas berbagai masukan dan pendapat dari masyarakat terhadap para peserta.

"Kita juga menilai integritas dan rekam jejak serta kemampuan dalam penguasaan berkaitan dengan Komisi Informasi," kata politisi Partai Demokrat ini.

Selain itu juga, kata Jazuli, pihaknya menguji kemampuan peserta dalam penyelesaian sengketa informasi  dan pengaduan masyarakat terkait keterbukaan informasi publik.

"Kita juga ingin mengetahui pendapat dari peserta, apakah masih efektif lembaga KI ini di tengah kondisi saat ini yang sebenarnya informasi itu sudah sangat terbuka," kata Jazuli.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Banten raih penghargaan keterbukaan informasi publik

Salah seorang peserta it and proper tes calon anggota KI Ojat Sudrajat mengatakan, dalam uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KI Banten tersebut, anggota Komisi I DPRD Banten menanyakan berbagai hal seperti terkait integritas dan klarifikasi atas pengaduan atau pendapat masyarakat, termasuk juga soal permintaan informasi publik.

"Tadi ditanyakan juga kenapa saya hanya  satu orang yang diusulkan calon anggota dari unsur pemerintah. Tadi saya sekitar 50 menit lah waktunya," kata Ojat.

Baca juga: Ketua DPRD Banten dukung aspirasi pemekaran Tangerang Tengah

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024