Sebanyak 357 kartu keluarga (KK) di Kota Serang, Banten, terdampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah sehingga membuat beberapa titik jalan dan permukiman warga terendam.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Diat Hermawan, di Serang, Banten, Minggu, mengatakan saat ini telah terjadi banjir di sejumlah titik jalan di Kota Serang.
 
"Sebanyak 357 KK terdampak banjir di lima titik wilayah akibat hujan deras yang mengguyur sejak pagi menjelang siang tadi,” katanya.

Baca juga: Hujan deras, sejumlah wilayah di Kota Serang terendam banjir
 
Diat menuturkan, lima titik banjir tersebut di yakni Jalan Samaun Bakri Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Jalan KH Sulaeman Kelurahan Kagungan Kecamatan Serang, Jalan Raya Cilegon, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang dan Pasar Rau Jalan Penancangan, Kelurahan Cinanggung, Kecamatan Serang.
 
Diat menyampaikan penyebab banjir adalah intensitas hujan yang cukup tinggi, serta saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik dan irigasi yang kecil.
 
"Ini karena intensitas hujan cukup tinggi, di tambah lagi saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik, irigasi juga kecil," katanya.

Baca juga: Titik Banjir di Petir Cipondoh Tangerang mulai surut
 
Sedangkan untuk ketinggian air, kata Diat, di setiap wilayah bervariasi karena kondisi dataran wilayah yang berbeda mulai dari 15 hingga 90 cm.
 
Kendati demikian, akibat banjir tersebut tidak ada korban jiwa, tidak ada rumah maupun sarana fasilitas umum dan fasilitas sosial yang rusak, sehingga tidak ada pengungsi.
 
"Saat ini banjir sudah berangsur surut warga juga tidak ada yang mengungsi, tidak ada korban jiwa, rumah rusak, fasilitas umum, sosial juga tidak ada yang rusak," katanya.

Baca juga: DPUPR Tangerang minta pemerintah pusat tinggikan turap Kali Angke

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024