Dinas PUPR Kota Tangerang meminta pemerintah pusat meninggikan turap di Kali Angke karena masih kerap meluap dan menyebabkan genangan bahkan banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono di Tangerang, Minggu, mengatakan total panjang turap Kali Angke pada dua sisi yang sudah terbangun mencapai 20.175 meter atau 82,8 persen, sementara yang belum terbangun 4.200 meter atau 17,2 persen.

"Selain melanjutkan pembangunan turap, perlu juga dipertimbangkan untuk meninggikan turap yang ada, karena setiap kali hujan 'gede' terkesan Kali Angke tidak bisa menampung debit air sehingga sering meluap," kata Ruta.

Baca juga: Rekayasa lalu lintas dilakukan jelang peresmian jembatan Cisadane Tangerang

Ia menegaskan, untuk mengatasi luapan dari Kali Angke dibutuhkan tindakan atau sinergi erat dengan pemerintah pusat.

"Kementerian PUPR perlu menuntaskan penanganan banjir di sekitar DAS Kali Angke. Walau sudah diturap beberapa waktu lalu, aliran Kali Angke di Kota Tangerang sampai saat ini masih sering meluap," ujarnya.

Ia pun berharap pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR yang mempunyai kewenangan terkait pengelolaan sungai bisa segera menyelesaikan persoalan yang belum tuntas di DAS Kali Angke.

"Mudah-mudahan bisa segera terselesaikan," ujarnya.

Baca juga: Titik Banjir di Petir Cipondoh Tangerang mulai surut

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024