Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan menggratiskan biaya sewa rumah susun warga (rusunawa) di Margaluyu, Kasemen, Kota Serang, Banten, bagi warga yang terdampak normalisasi Sungai Cibanten. 
 
"Terkait relokasinya kita dari Dinas siap menerima di Rusunawa Margaluyu. Dari awal kalau untuk biaya sewa tempatnya kita gratiskan," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Serang, Nofriady Eka Putra, di Serang, Banten, Rabu.
 
Namun memang, kata Nofri, untuk biaya lainnya seperti biaya listrik, air dan kebersihan lainnya meski ditanggung oleh penyewa itu sendiri. 
 
"Disanakan ada beberapa pembiayaan yang harus mereka penuhi seperti air, listrik, dan kebersihan itu harus mereka bayar. Tapi kalau sewanya mungkin dalam beberapa bulan kita gratiskan," katanya. 

Baca juga: Pemkot Serang terus cari solusi warga terdampak normalisasi Sungai Cibanten
 
Meski begitu, Nofri mengatakan, ini baru opsi solusi dari Pemkot Serang dan belum disepakati bersama.
 
"Tapi hal ini belum disepakati dan akan dilakukan pembahasan kembali," katanya menegaskan.
 
Lebih lanjut Nofriady menjelaskan, ada 80 rumah yang akan direlokasi. Rumah tersebut berada di bantaran Sungai Cibanten yang terletak di tiga kelurahan yakni Kasunyatan, Banten dan Margaluyu. 
 
"Kalau untuk penambahan berapa rumah terdampak kita belum tau, sementara datanya ada 80 rumah atau KK," pungkas Nofriady.

Baca juga: Normalisasi Sungai Cibanten terkendala pemukiman warga

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023