Sembilan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Serang, Banten, mengundurkan diri dari pencalonan pada saat masa pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) yang telah diberikan waktu mulai dari 24 September sampai 3 Oktober 2023.

Anggota KPU Kota Serang Nanas Nasihudin, di Serang, Kamis, mengatakan pada masa pencermatan DCT, partai politik (parpol) diperbolehkan melakukan perubahan nomor urut caleg atau bahkan mengganti bakal caleg dengan orang baru.

"Semua partai politik sudah menyerahkan dokumen hingga tanggal 03 Oktober 2023 pukul 23.59 . Parpol itu numpuknya saat sudah injury time," katanya.

Baca juga: Partai bisa lakukan pergantian caleg saat pencermatan DCT

Nanas mengatakan pada masa tersebut banyak parpol yang melakukan pergantian, penambahan gelar caleg atau bahkan mengganti caleg, dan ada pula caleg yang mengundurkan diri pada saat pencermatan DCT.

"Yang mundur ada sembilan bakal caleg, setelah mundur itu digantikan oleh orang lain," katanya.

Nanas mengatakan, sembilan bakal caleg yang mengundurkan diri itu, antara lain masing-masing satu orang dari Partai Kebangkitan Nasional, Partai Nasdem, PDIP, Partai Golkar dan PAN, serta empat orang dari Partai Hanura.

Baca juga: KPU Banten tunggu kebijakan KPU RI pasca putusan Mahkamah Agung

Selain itu, kata Nanas, pada masa pencermatan DCT ini jumlah bakal caleg yang diserahkan oleh parpol kepada KPU Kota Serang masih sama seperti pada saat daftar calon sementara (DCS) ditetapkan, yakni sebanyak 602 bakal caleg dari 18 parpol peserta pemilu 2024.

"Meskipun ada sembilan caleg yang mundur, tapi parpol bersangkutan langsung mencari penggantinya. Faktor caleg yang mundur dari pencalonan ini dikarenakan jabatannya maka digantikan oleh calon lain," katanya.

Nanas mengatakan setelah pencermatan DCT selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas kembali oleh KPU Kota Serang mulai 4-18 Oktober 2023. Sebelum DCT diumumkan pada 4 November 2023, dilakukan penyusunan rancangan DCT pada 18 Oktober dan ditetapkan pada 3 November 2023.

Baca juga: KPU Banten lakukan pendidikan pemilih bagi anak SMK/SMA

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023