Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Banten membuat lab bahasa atau fasilitas kursus bahasa untuk membantu masyarakat yang ingin mencari kerja di luar negeri.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra di Tangerang Rabu mengatakan pembentukan lab ini karena nantinya Disnaker akan bersosialisasi lowongan kerja di luar negeri.

Untuk membantu masyarakat dalam kemudahan berkomunikasi maka Disnaker menyiapkan layanan ini sehingga nantinya tak ada kendala bahasa.

"Sebagai tahap awal, Disnaker menyiapkan kelas lima bahasa yang dilaksanakan di lantai 4 Gedung Disnaker Kota Tangerang," kata Ujang dalam keterangannya.

Baca juga: Pemkot Tangerang lakukan inovasi dengan sediakan formulir gunakan huruf braile

Ujang menambahkan program ini juga jadi terobosan Pemkot Tangerang dalam mengatasi pengangguran. Pasalnya, Disnaker telah memiliki program perlindungan penempatan tenaga kerja luar negeri. "Kita buat inovasi dalam mengatasi pengangguran," ujarnya.

Sementara itu terkait virtual job fair pada hari ini merupakan event yang ke 37 kali sejak pertama dilaksanakan September 2020. Hingga saat ini, virtual job fair telah menyerap tenaga kerja sebanyak 18.944 orang dengan rincian 17.609 warga Kota Tangerang dan 1.335 warga luar Kota Tangerang.

Baca juga: 3.541 lowongan disediakan Disnaker Tangerang dalam virtual job fair

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023