Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang, Banten menanamkan ideologi Pancasila bagi para pelajar untuk membangun Indonesia maju melalui kemah Pancasila bagi pelajar tingkat SMA dan SMK sederajat yang lolos seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Serang 2023.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang, Epi Priyatna di Serang, Senin, mengatakan, pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila untuk menegakkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila.
 
"Pembinaan ini melalui pendidikan dan pelatihan bagi seluruh penyelenggara negara, komponen bangsa dan warga negara Indonesia," katanya.
 
Menurut Epi, ideologi toleransi, pluralisme dan ideologi multikulturalisme merupakan wujud dari pemahaman nilai-nilai Pancasila tersebut menjadi pedoman serta identitas dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Andika Hazrumy sebut pariwisata tulang punggung perekonomian
 
Maka dari itu, kata Epi, Pancasila bisa memberikan solusi di tengah adanya beragam ideologi di tengah muncul dan menguatnya politik identitas oleh agama tertentu etnik dan kepentingan kelompok.
 
"Ini mengakibatkan runtuhnya nilai Pancasila sebagai falsafah bangsa, dapat mengakibatkan kekosongan ideologi bangsa yang ironis," paparnya.
 
Serta dapat menjadi rentan terhadap serangan ideologi yang harus dilakukan adalah penguatan kembali pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat khususnya pelajar melalui pendidikan di keluarga, sekolah maupun pendidikan di masyarakat.
 
"Guna mewujudkan Indonesia maju membutuhkan kerja sama yang solid seluruh masyarakat dengan meningkatkan persatuan, dan senantiasa mengadopsi nilai pancasila dalam kehidupan harmonis satu dengan lainnya dalam setiap gerak berbangsa dan bertanah air Pancasila," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang buka 524 formasi PPPK tahun ini
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ideologi Pancasila Wawasan kebangsaan Ekososbud dan Agama Bakesbangpol Kabupaten Serang, Anton Hermawanto mengatakan, peserta Kemah Pancasila merupakan siswa-siswi Kabupaten Serang tergabung dalam Paskibra Kabupaten Serang tahun 2023 dan DPPI Kabupaten Serang tahun 2022. Adapun tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai pancasila di kalangan pelajar Kabupaten Serang.
 
"Ini sebagai supaya awal Kabupaten Serang dalam merintis pembangunan jaring di kalangan pelajar, sehingga terciptanya relasi sosial berkelanjutan gerak implementasi nilai-nilai pancasila,"ujarnya.
 
Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 23-24 September 2023 bertempat di Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS) Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten.

Baca juga: Gema Al Khairiyah berikan lima pernyataan terkait masyarakat Rempang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023