Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang membuka formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 524 formasi di 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Surtaman, di Serang, Banten, Sabtu mengatakan, pada penerimaan tahun ini formasi didominasi oleh penerimaan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.
 
"Tahun ini ada 524 formasi yang terdiri dari 204 tenaga pendidikan atau guru, tenaga kesehatan 241 formasi, dan 79 itu tenaga fungsional administrasi teknis," katanya.
 
Surtaman mengatakan, untuk formasi guru yang dikeluarkan memang dikhususkan dan diprioritaskan bagi guru-guru yang sudah lolos passing grade pada seleksi sebelumnya dan belum memperoleh penempatan.

Baca juga: Pemkab Tangerang buka penerimaan 598 formasi PPPK
 
"Untuk guru sebanyak 204 yang diprioritaskan untuk yang P1 atau yang sudah lulus passing grade pada 2021 tapi tidak bisa ditempatkan karena tidak ada formasi, makannya diprioritaskan di tahun ini," katanya.
 
Surtaman mengatakan, dengan adanya pembaharuan data dari Kemendikbud ini, sehingga masih ada beberapa guru yang belum dapat terakomodir. Meski begitu pihaknya tetap akan berupaya untuk mengakomodasi yang belum dapat ter fasilitas pada PPPK tahun ini di penerimaan tahun selanjutnya.
 
Menurutnya, penerapan terkait formasi guru ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Serang melainkan juga diterapkan daerah-daerah lainnya.
 
"Untuk yang belum terakomodasi tahun ini, Insyaallah tahun depan akan diakomodir sesuai dengan kebutuhan anggarannya yang kita miliki," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang buka lowongan 1.647 PPPK
Baca juga: Bupati Serang: Pendidikan literasi harus dimulai sejak dini
 
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023