Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten membuka penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 598 formasi pada 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Hendar Hermawan di Tangerang, Rabu, mengatakan pembukaan penerimaan PPPK itu terdiri atas kelompok tenaga guru SD dan SMP sebanyak 363 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 235 formasi.

"Posisi untuk tahun 2023 kita mengusulkan formasi PPPK ada dua kelompok, yakni untuk guru SD dan SMP sebanyak 363 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 235 formasi," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang buka lowongan 1.647 PPPK

Ia menjelaskan waktu penyelenggaraan penerimaan PPPK telah dibuka sejak 16 September 2023.

Untuk formasi PPPK dibuka bagi guru dan tenaga kesehatan yang sudah memenuhi persyaratan, yakni hal yang mendasar sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi guru serta terdata dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SIDMK) Kementerian Kesehatan.

"Tenaga kesehatan yang dibuka formasinya tersebar di rumah sakit daerah dan puskesmas. Kita sudah mengajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Jadi posisinya, sudah mengajukan ke kementerian dan kita menunggu atas usulan formasi. Bisa disetujui sesuai dengan formasi bisa juga ada rekomendasi," katanya.

Ia mengatakan untuk formasi tenaga kesehatan mulai dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, hingga bidan, di mana formasi tenaga kesehatan yang diusulkan diperuntukkan 235 orang.

"Pertama memang kebutuhan pegawai. Untuk tenaga kesehatan juga kebutuhan. Jadi formasi PPPK ini lebih pada pelayanan dasar prioritas yakni kesehatan dan pendidikan. Ini yang diprioritaskan oleh pemerintah terlebih dahulu untuk PPPK," pungkas Hendar.

Baca juga: Pemkab Lebak buka lowongan 992 tenaga P3K

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023