Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Banten memperkuat koordinasi lintas bidang dan sektor terkait Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dalam pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan di wilayah setempat.
 
Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi di Serang, Rabu, mengatakan, koordinasi antara lintas program dan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan bidang kesehatan dan memfasilitasi dalam mendukung implementasi transformasi sistem kesehatan.
 
”Dalam rangka penerapan SPM bidang kesehatan diperlukan standar teknis SPM yang menjelaskan langkah operasional, pencapaian SPM bidang kesehatan di tingkat kabupaten sebagai acuan bagi pemerintah daerah dengan memperhatikan potensi dan kemampuan daerah," katanya.

Baca juga: Dinkes: 367.476 warga penerima jaminan pengobatan kesehatan gratis
 
Agus mengatakan, penerapan SPM di bidang kesehatan tidak dapat terpisah dengan penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) karena sifatnya saling melengkapi dan sinergisme. Penekanan SPM bidang kesehatan berfokus pada pelayanan promotif dan preventif.
 
"Sehingga pada penerapan SPM bidang kesehatan khususnya di Kabupaten Serang, ada kontribusi pembiayaan dan pelayanan program JKN," katanya.

Agus mengatakan, rapat Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor ini dalam Program P2P tingkat Kabupaten Serang Tahun 2023, untuk mencapai Indikator Kinerja Utama atau IKU khususnya SPM di bidang kesehatan.
 
Diketahui, Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas program dan lintas sektor P2P tingkat Kabupaten Serang berlangsung selama tiga hari pada 19-20 September 2023 di Le Dian Hotel & Cottages Kota Serang.
 
Yang diikuti oleh 41 orang meliputi setiap Bidang dan Seksi, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinkes Kabupaten Serang serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Serang.

Baca juga: Warga Lebak diminta waspadai diare akibat krisis air bersih
Baca juga: 200 penderita TBC Kota Tangerang dapat bantuan paket makanan dari Baznas

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023