Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Banten mencatat hingga tanggal 11 September 2023, tiga lokasi gerai pelayanan yang berada di area publik telah melayani 19.968 permohonan administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, R. Irman Pujahendra di Tangerang Senin mengatakan ada tiga gerai pelayanan yang disiapkan di area publik diantaranya pusat belanja Tangcity sejak 2020, pusat belanja Icon Walk sejak 2021 dan Mal Pelayanan Publik (MPP) di kantor DPMPTSP.

Untuk di Tangcity tercatat telah melayani 10.762 permohonan administrasi kependudukan, lalu di Icon Walk Mall melayani 5.560 permohonan dan di MPP melayani 3.646 permohonan.

Baca juga: Operasi Zebra Jaya diharapkan tingkatkan kedisiplinan masyarakat

Ia menjelaskan, gerai pelayanan Dukcapil ini melayani pengurusan Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Pindah dan Datang Penduduk, serta Akta Kelahiran

"Gerai layanan yang kami siapkan ini sangat membantu masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Kami juga siapkan layanan dalam kanal lainnya seperti melalui website sobatdukcapil.tangerangkota.go.id. Agar dapat mengaksesnya dimana pun dan kapanpun tanpa harus mengantre," kata dia dalam keterangannya.

Ia menuturkan, keberadaan gerai pelayanan ini agar proses mengurus administrasi kependudukan tidak mengalami penumpukan di Kantor Disdukcapil

Di setiap gerai, pihaknya menyiapkan dua petugas di masing-masing lokasi untuk langsung melayani warga yang datang. Apabila mereka yang mengalami kesulitan mengikuti proses daring.

“Setiap harinya sebanyak 30 pemohon datang untuk melakukan kepengurusan administrasi," katanya.

Baca juga: Wali Kota sebut Tangerang jadi tujuan lanjutkan pendidikan tinggi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023